Senam Nifas Pasca Persalinan Bagus Untuk Kesehatan Wanita

Bagi seorang wanita yang baru saja melalui proses persalinan kesehatan bayi yang baru dilahirkannya adalah hal paling penting di dalam hidupnya. Hal ini tidak salah, namun bukan berarti kita sebagai wanita tidak memperhatikan kesehatan tubuh kita sendiri.

Pasca persalinan tetnu tubuh ibu menjadi berubah bentuknya. Banyak bagian yang mengalami perubahan terutama di bagian perut mengendur, paha mengendur, dada membesar karena mengikuti volume susu atau ASI, bokong membesar dan lembek. Semua perubahan ini adalah hal yang wajar dialami pasca persalinan bagi seorang wanita.

Kenaikan berat badan dari sebelum hamil dan perut buncit mungkin menjadi fokus utama bagi para ibu. Sebagai ibu, kita harus memperhatikan keindahan tubuh karena ini adalah bagian dari kesehatan wanita. Mungkin bukan masalah perubahan fisik saja melainkan ada perubahan psikis juga.

Ibu tidak perlu berkecil hati, pasca persalinan fokuslah untuk memiliki tubuh kembali indah dan tetap sehat. Tubuh indah tentu untuk mengembalikan rasa percaya diri dan menyenangkan hati suami. Tubuh sehat juga penting untuk bisa mengasuh, merawat dan memberi ASI kepada bayi. Lalu apa yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kesehatan wanita seutuhnya pasca persalinan?

Lakukan Senam Nifas Pasca Persalinan

Senam Nifas adalah latihan gerakan yang biasa dilakukan oleh wanita setelah proses persalinan. Senam nifas dapat leluasa dilakukan bagi ibu yang melalui proses persalinan normal, tapi bukan berarti persalinan operasi caecar dilarang. Tetap diperbolehkan selama posisi senam nifas tidak membahayakan si ibu.

Kapan Waktu Melakukan Senam Nifas Pasca Persalinan?

Umumnya setelah 6-8 jam pasca persalinan, senam nifas sudah bisa dimulai. Melakukan senam nifas bisa bertahap dan terus berkelanjutan. Mengatur nafas sebaik-baiknya untuk merasakan ketenangan dan ibu tetap terjaga setelah proses persalinan berlangsung.

Manfaat Senam Nifas Pasca Persalinan

Manfaat yang paling utama adalah relaksasi. Dengan melakukan pengaturan nafas atau senam nifas maka saraf disekujur tubuh yang semula tegang bisa segera mengendur. Perlahan ibu akan merasa lebih tenang dan semakin tenang.

Selain itu manfaat senam nifas juga bisa membantu mengembalikan posisi rahim ke bentuk semula. Senam nifas ini bisa mempercepat kondisi ibu kembali pulih seperti semula.

Manfaat senam nifas juga bisa membantu menghilangkan rasa lelah, rasa stress dan tubuh kurang energi.

Pasca persalinan, kita dilarang untuk tidur karena biasanya 2-3 jam pertama dokter atau bidan melakukan observasi. Pada jam-jam berikutnya senam nifas bisa kita lakukan dan membantu kita untuk mengurangi rasa sakit dibagian rahim. setelah melahirkan, beberapa waktu sekali perut akan sakit, rasa sakit yang luar biasa dialami sebagian wanita dan ini disebabkan rahim yang membengkak dan berusaha kembali ke posisi semula.

Cara Melakukan Senam Nifas Yang Benar

Cara mengatasi sakit perut atau rahim pasca persalinan

Hanya ada dua cara untuk mengurangi rasa sakit pada rahim yaitu dengan memberi ASI ke bayi sesering mungkin. Tapi biasanya bayi yang baru lahir belum terlalu pandai minum ASI secara langsung karena bayi perlu belajar caranya beberapa saat.

Cara untuk mengurangi sakit perut pasca persalinan adalah melakukan senam nifas secara bertahap dan berkelanjutan. Atur nafas sebaik mungkin. Pertama tarik nafas sepanjang mungkin dari mulut kemudian tahan simpan di mulut dan keluarkan perlahan melalui mulut. Jika rasa nyeri di perut sedang tidak terasa ibu bisa mengatur nafas hirup lewat hidung dan buang nafas melalui mulut.

Senam Nifas Setelah Persalinan Operasi Caesar

Bagi ibu yang melakukan operasi caesar juga bisa melakukan senam nifas selama tidak mengejan saat pengaturan nafas. Senam nifas akan menguatkan otot kandungan dan otot kandung kemih serta usus besar. Ini adalah hal yang bagus untuk merangsang kerja organ tersebut mengingat setelah mendapat biusan lokal pasca persalinan.

Melakukan senam nifas dengan tepat juga bisa membantu mempercepat keluarnya darah nifas pasca persalinan. Kalau darah kotor sudah keluar banyak, biasanya ibu bisa segera membersihkan tubuh. Dengan demikian bisa merasa lebih nyaman dan tenang.

Baca Juga: Tentang Melahirkan Normal

Konsultasikan dengan dokter kandungan Anda sebelu proses persalinan berlangsung. Tanyakan cara yang paling pas dan yang terbaik untuk kesehatan ibu.

Baca Juga:

This post has already been read 987 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>