Senam Hamil Untuk Lancarkan Persalinan

Senam hamil sangatlah penting untuk dilakukan oleh para ibu untuk menjaga kesehatan janin dan ibu serta melancarkan proses persalinan nantinya. Sebaiknya memang senam hamil sudah dilakukan sejak awal kehamilan.

Adapun gerakan-gerakan senam kehamilan perlu disesuaikan dengan usia kandungan. Nah, untuk memperlancar kehamilan, ibu sebaiknya melakukan gerakan-gerakan senam di bawah ini sejak usia kehamilan menginjak minggu ke 28.

Senam Hamil: Gerakan Senam Untuk Lancarkan Proses Persalinan

Setelah melakukan pemanasan, ibu bisa melakukan beberapa gerakan senam seperti di bawah ini:

  • Sambil berdiri di atas matras, letakan kedua tangan ibu di samping badan lalu gerakan dengan mengangkatnya ke atas kepala. Lakukan seraya menarik nafas secara perlahan dari hidung. Lalu sambil menurunkan kedua tangan ke posisi semula, hembuskan nafas dari mulut. Dengan melakukan gerakan senam ini ibu hamil telah melatih dinding perut agar lebih lemas serta mengambil suplai oksigen yang lebih banyak sehingga pada saat proses bersalin ibu tidak merasakan sakit.
  • Sambil berdiri di atas matras, gerakan secara bersamaan kedua telapak kaki ibu ke arah belakang dan juga depan dengan bergantian sambil menarik nafas melalui hidung secara perlahan lalu membuangnya lewat mulut. Dengan melakukan gerakan ini secara rutin ibu sudah berlatih untuk memperlancar sirkulasi darah di kaki sehingga terhindar dari resiko pembengkakan di pergelangan kaki.
  • Sambil berbaring di atas matras, kembali letakan kedua tangan di samping tubuh dengan kondisi kaki ditekuk dua-duanya. Angkat kaki sambil menarik nafas dengan hidung. Kemudian hembuskan dengan mulut sambil menurunkan kembali kaki ke posisi semula yakni ditekukan. Gerakan ini bertujuan untuk memberikan kesiapan spiritual, mental juga fisik dalam menghadapi proses persalinan sehingga prosesnya bisa lancar.
  • Sambil duduk di atas matras, selonjorkan kedua kaki dan jadikan kedua tangan sebagai tumpuan berat badan. Dorong lalu tarik setiap telapak kaki secara bergantian. Dengan melatih telapak kaki seperti demikian, sirkulasi darah dan otot-otot di kaki akan tetap lancar.

Senam Hamil Untuk Lancarkan Persalinan

Itulah beberapa gerakan senam hamil yang penting dilakukan oleh ibu hamil di minggu-minggu mendekati proses persalinan.

This post has already been read 1946 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>