Proses Persalinan Normal Tidak Sakit Dengan Hypnobirthing

Mendengar kata hypno apa yang terlintas dipikiran Ibu? Kalau saya langsung berpikir hipnotis seperti yang suka Dedy Corbuzer atau Uya Kuya lakukan di TV. Nah, kebetulan saya baru saja mendapat cerita dari teman yang beru mengalami proses persalinan normal yang menggunakan metode hypnobirthing. Katanya, cara ini membuat dia sukses melahirkan normal tanpa rasa sakit. Penasaran kan?

Apa itu Hypnobirthing?

Hypnobirthing adalah proses melahirkan dengan bantuan hipnosis. Lebih lengkapnya hipnosis merupakan cara berkomunikasi dengan memberi sugesti sehingga mempengaruhi alam bawah sadar seseorang secara efektif dan aman.

persalinan normal tidak sakit

Hipnosis atau sugesti yang diberikan bisa dilakukan untuk menguatkan proses persalinan normal bahkan bisa membuat si ibu hamil melahirkan tersebut merasa tidak sakit. Hebat sekali ya!

Seberapa besar Hypnobirthing bisa membantu proses persalinan normal?

Saya pribadi belum pernah meminta orang untuk melakukan hipnotis kepada saya, terlebih untuk menjalani proses persalinan. Tapi, salah satu teman saya yang baru saja mencobanya mengaku bahwa Hypnobirthing ini sangat membantu. Beberapa yang saya ingat dari share pengalaman teman adalah

1. Hypnobirthing benar-benar menghilangkan panik. Sebagian wanita yang menjalani proses melahirkan, memang kadang suka panik. Apa lagi kalau pembukaan semakin besar dan rasa sakit semakin tidak tertahan. Panik yang muncul pada proses persalinan cukup berbahaya lho. Bila pembukaan belum sempurna dokter atau bidan akan melarang kita mengejan. Tapi sebagian ibu-ibu yang panik akan mengejan berulang kali hingga bagian rahim bawah terasa keram bahkan Miss V membengkak. Hypnobirthing sangat efektif untuk membuat ibu merasa tenang saat menjalani proses persalinan.

2. Hypnobirthing bisa membuat ibu merasa relaks saat menjalani proses persalinan. Kok bisa? Iya Bu, selama sugesti positif masuk kedalam alam bawah sadar, pasti tubuh Ibu akan merasa relaks. Kekuatan alam bawah sadar ibu akan membantu proses persalinan normal dan semua terjadi tetap secara alami.

Bagaimana Hypnobirthing bisa membuat proses persalinan normal terasa tidak sakit?

Proses persalinan normal, memang tidak menggunakan suntikan kebal. Apa lagi untuk kategori persalinan normal spontan. Proses persalinan normal ini benar-benar mengandalkan kekuatan ibu dan janin. Hypnobirthing adalah teknik relaksasi yang efektif dan sangat baik. Biasanya panik saat menjalani proses persalinan yang membuat energi Ibu habis sebelum tiba pembukaan sempurna. Panik juga membuat seluruh otot semakin konsentrasi, baik saat kontraksi ataupun tidak. Hypnobirthing mampu menghilangkan rasa panik tersebut, jadi Ibu bisa menyimpan banyak tenaga untuk digunakan pada saat pembukaan telah sempurna.

Mulai berpikir untuk coba hypnobirthing? Andai saat saya melahirkan ini sudah ada, mungkin saya juga mencobanya. Semoga selalu sehat para Ibu dan janinnya :)

This post has already been read 2677 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>