Proses Melahirkan – Proses Tahapannya yang Perlu Diketahui!

Proses Melahirkan

Proses melahirkan pertama bagi sebagian ibu baru mungkin menjadi proses yang ditunggu – tunggu tapi juga cukup mendebarkan dan menakutkan. Banyak ibu menghindari proses melahirkan normal karena terbayangakan rasa sakit dan rasa lelah yang akan dirasakan pada saat proses persalinan. Tapi percayalah, bahwa lahirnya si buah hati setelah proses melahirkan tersebut akan menghilangkan semua rasa sakit itu dan berganti menjadi rasa lega dan bahagia luar biasa.

Proses Melahirkan – Tahap – Tahap Proses Melahirkan

Di bawah ini merupakan beberapa tahap proses persalinan yang normalnya dilalui oleh para ibu hamil:

proses melahirkan

–  Tahap pembukaan

Tahap pembukaan merupakan tahap membukanya dan mendatarnya serviks. Tahap ini menunjukan pergeseran serviks sehingga pembuluh darah sekitar karnalis servik alis pecah. Tahap ini dibagi ke dalam 2 fase yakni fase laten dan fase aktif. Pada kehamilan pertama, tahap pembukaan akan berlangsung lebih lama pada kehamilan pertama yakni menghabiskan waktu sekitar 12 – 14 jam. Sedangkan pada kehamilan berikutnya hanya menghabiskan waktu sekitar 6 – 10 jam.

– Tahap pengeluaran bayi

Sekitar 2 – 3 menit sekali muncul rasa mulas yang lebih lama, cepat, kuat dan terkordinir. Inilah tahap pengeluaran bayi dimana kepala janin turun ke ruang panggul sehingga muncul tekanan di otot – otot dasar panggul. Maka secara reflek, ibu akan merasakan rasa seperti mau buang air besar dan mengedan.

–  Tahap pengeluaran plasenta

Setelah bayi keluar, maka dengan sendirinya plasenta akan keluar dalam waktu sekitar 5 – 30 menit. Bersamaan dengan keluarnya plasenta, ibu akan mengalami pendarahan sebanyak 100 – 200 cc. Setelah seluruh bagian plasenta sudah dipastikan lepas dari dinding rahim maka baru dokter memberikan tindakan pembersihan dan jahitan.

–  Tahap pengawasan

Dalam waktu 1 – 2 jam, dokter akan melakukan pengawasan baik kepada kesehatan bayi maupun kesehatan ibu. Terutama soal normal atau tidaknya masalah pendarahan yang dialami oleh ibu setelah persalinan.

Demikian sedikit penjelasan mengenai tahap – tahap proses melahirkan.

This post has already been read 2583 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>