Catat Barang Yang Perlu Dibawa Saat Persalinan

Catat Barang Yang Perlu Dibawa Saat Persalinan

Tidak perlu menunggu kontraksi baru kemudian menyiapkan barang-barang yang perlu dibawa ke Rumah Sakit. Catat barang yang perlu dibawa saat persalinan. Lebih baik mempersiapkan dengan bertahap. Lakukan persiapan dini agar tidak ada barang yang tertinggal.

Keperluan ibu hamil untuk persalinan antara lain:
1. Kain untuk proses persalinan. Biasanya diminta 2 kain, tapi bawa lebih untuk persediaan. Setelah melahirkan agak sulit bergerak saat beberapa jam pertama. Kain bersih bisa digunakan. Biasanya karena kehilangan banyak darah ibu mudah merasa kedinginan.
2. Pakaian ganti seperti daster ibu menyusui. Pilih pakaian dengan kacing depan untuk memudahkan proses menyusui.
Pembalut dan pakaian dalam.
3. Bengkung / stagen / gurita. Keguanaannya untuk bebet tubuh ibu paska melahirkan. Ini sangat penting dan sering terlupakan.
4. Peralatan mandi, setelah melahirkan dan kuat untuk bangun, ibu perlu mandi.
5. Pompa ASI. Kita tidak pernah tahu, paska melahirkan apakah ASI ibu akan langsung keluar atau tidak. Agar payudara tidak bengkak sebaiknya siapkan pompa ASI. Payudara yang bengkak bisa menyebabkan ibu demam dan merasa lemas.

Keperluan bayi yang perlu dibawa seperti popok untuk bayi baru lahir, gurita, pakaian, kain bedong, sarung tangan dan kaki, selimut bayi, penggendong bayi, dan botol susu. Bila ASI yang keluar banyak sangat sayang bila terbuang. ASI bisa disimpan di botol susu yang sudah di sterilkan. Periksa kembali barang bawaannya, jangan sampai ada yang tertinggal.

This post has already been read 3532 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>