Cara Melakukan Senam Nifas Pasca Persalinan Normal Yang Benar

Senam nifas diketahui sangat baik pasca persalinan. Banyak manfaat untuk kesehatan yang didapat dengan melakukan hal ini. Rasanya sedikit sakit tapi itu hanya dipermulaan. Setelah itu kita akan merasa nyaman bahkan lebih segar.

Senam nifas banyak tahapannya, tapi bila dilakukan pasca persalinan sebaiknya pilih gerakan yang bisa dilakukan sambil berbaring dan tidak menguras tenaga, berhubung ibu sudah menghabiskan banyak energy saat proses persalinan.

Lakukan senam nifas pada waktu yang tepat, tidak terburu-buru agar sudah dipastikan keadaan ibu stabil pasca persalinan.

Berikut ini cara melakukan senam nifas pasca persalinan

Pertama gerakan kaki

Gerakan telapak kaki kedalam dan keluar. Arahkan jempol kaki kea rah luar dan ke dalam berulang kali. Gerakan mudah seperti ini pun biasanya bisa membuat banyak darah nifas keluar deras. Setelah melahirkan normal kaki dimulai dari pangkal paha sampai ujung jempol kaki akan kaku, maka itu senam nifas awalnya dari menggerakan telapak kaki. Kemudian memutar bagian engkel kaki ke arah dalam.

Gerakan kedua renggangkan kaki

senam nifas pasca persalinan normal

Renggangkan kaki kea rah luar. Kalau semula kaki rapat, silakan lebarkan sedikit. Bisa digoyangkan sedikit sambil atur nafas Anda. Darah nifas juga akan terbantu keluar dengan gerakan seperti ini.

Gerakan ketiga tekuk kaki

senam nifas pasca persalinan normal

Tekuk kaki kedalam seperti yang Anda lihat digambar. Biarkan ujung jari yang menapak dan tumit seperti menjinjit. Lakukan secara bergantian pada kaki kiri dan kanan. Atur nafas dan jangan dipaksakan bila perut terasa sakit.

Gerakan keempat angkat kepala

senam nifas pasca persalinan normal

Seperti orang yang bersiap untuk melakukan sit up, angkat kepala sedikit lebih tinggi dari bahu. Posisi kaki menapak jadi tumit sudah tidak jinjit lagi. Sesekali angkat kepala dan angkat dengkul sehingga muka atau kepala mendekat dengan dengkul. Tidak perlu terlalu dipaksa, lakukan semampunya saja.

Gerakan senam nifas ini sebaiknya tidak dilakukan untuk ibu yang menjalani proses persalinan caecar. Pilih posisi lain yang lebih aman saja. Sesekali lakukan tengkurap bila memungkinkan. Ini akan membuat tubuh relaks setelah sekian lama Anda tidak bisa melakukan hal ini.

Baca Juga: Manfaat dan Cara Senam Nifas Setelah Operasi Caecar

This post has already been read 1880 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>