Berani Hadapi Proses Melahirkan Normal

Melahirkan normal mungkin menjadi momen yang menakutkan dan mengkhawatirkan bagi beberapa Ibu hamil. Ibu sering kali memilih melahirkan dengan operasi sesar dari pada memilih melahirkan normal dikarenakan rasa takut tersebut. Padahal banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari melahirkan normal. Untuk itu, agar Anda siap untuk menjalani proses melahirkan dengan normal, Anda perlu mempersiapkan diri tidak hanya dalam hal fisik tapi juga mental.

Melahirkan Normal – Siapkan Fisik dan Mental Sebelum Melahirkan Normal

Lakukan beberapa hal di bawah ini agar fisik dan mental Anda siap menghadapi proses melahirkan normal:

1. Berdoa Kepada Tuhan

Memohonlah pada Tuhan Yang Maha Esa, Dia yang menghendaki segala hal yang terjadi di dunia ini termasuk proses melahirkan. Mintalah lindungan pada Tuhan mu untuk menguatkanmu menghadapi ketakutan untuk melahirkan normal, dan mintalah pada Tuhan untuk memberikanmu keberanian dan kelancaran saat proses terebut berlangsung.

2. Yakin dan Percaya

Yakin dan percaya lah bahwa Anda mampu dan orang – orang disekitar Anda akan membantu Anda sebaik yang mereka bisa dan proses tersebut akan dilancarkan. Percaya lah bahwa banyak orang yang telah melalui proses persalinan normal dan mereka baik – baik saja, termasuk juga Anda nanti.

3. Lakukan Jalan-jalan Kecil

Manfaatkan waktu-waktu sebelum melahirkan atau sebelum kontraksi memuncak untuk berjalan – jalan kecil dan santai di sekitaran ruang persalinan agar dapat melancarkan proses persalinan nantinya.

4. Rileks Menjelang Melahirkan

Jika Anda tegang di detik-detik menjelang persalinan, otot-otot akan kaku dan membuat proses melahirkan terasa menyakitkan. Cobalah untuk rileks dan tenangkan pikiran dengan berbagai cara yang biasa Anda lakukan. Misalnya dengan mengatur pernafasan yang benar, dengan berdoa, dengan didampingi keluarga dan suami, dengan mendengarkan lagu yang menenangkan, dengan memusatkan perhatian pada satu titik yang menyenangkan seperti foto yang menenangkan, dan lain sebagainya. Sehingga otot Anda akan luwes dan mempermudah proses persalinan nantinya.

Selain itu, untuk dapat menghadapi proses melahirkan normal dengan tenang, Anda sebaiknya memahami proses melahirkan normal itu sendiri.

This post has already been read 2224 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>