4 Faktor Penting untuk Proses Melahirkan Normal

Proses melahirkan normal banyak dipilih oleh para ibu. Sejatinya, mereka akan merasa jadi seorang ibu yang sesungguhnya setelah menjalankan proses melahirkan normal.  Bila ibu ingin melakukan proses persalinan secara normal, ada empat faktor penting yang perlu diingat untuk proses melahirkan normal.

Pertama adalah keadaan bayi yang ada dalam kandungan ibu

Pastikan berat badan bayi yang akan ibu lahirkan normal, yaitu antara 2.5 sampai 4 kg. Berat bayi tidak boleh lebih atau kurang dari itu, agar resiko yang ibu hadapi minimal. Oleh karena itu, ibu harus sering memeriksakan kandungan untuk mengetahui keadaan bayi ibu.

Faktor kedua adalah kondisi ibu sendiri

proses-melahirkan-normal-2

Kesehatan ibu merupakan hal yang paling penting. Proses melahirkan normal memerlukan tenaga yang besar. Selain itu ukuran panggul ibu juga harus cukup untuk memilih proses melahirkan normal. Ukuran panggul ibu harus mampu dilewati oleh bayi. Persalinan secara normal dapat berjalan berjalan lancar bila ukuran panggul ibu sesuai dengan ukuran bayi yang akan dilahirkan.

Faktor ketiga adalah faktor kontraksi

Kontraksi yang menjadi tanda-tanda akan melahirkan sangat bervariasi. Hati-hati dengan his atau konpal (kontraksi palsu). Ada ibu yang mengalami kontraksi secara terus-menerus, atau kadang muncul kadang tidak, bahkan, ada yang tidak mengalami kontraksi. Bagi ibu yang tidak mengalami kontraksi biasanya dibantu dengan pemberian hormon oksitosin.

Dan faktor yang terakhir yang perlu diperhatikan bila ibu ingin melahirkan secara normal adalah faktor psikis ibu. Kelelahan bisa juga menjadi penyebab stress. Pada keadaan stress terbukti dapat membuat otot serviks dan vagina tidak bekerja seperti seharusnya, sehingga proses melahirkan secara normal akan menjadi lebih susah.  Dukungan suami sangat diperlukan dan hindarkan diri ibu dari segala hal yang mengakibatkan stress.

Source: Prenagen.com

This post has already been read 6445 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>