Waspada Menjelang Usia Kehamilan 7 Bulan

kehamilan 7 bulan

Pada usia kehamilan 7 bulan ini tidak banyak keluhan yang dirasakan ibu karena proses fisiologis berjalan seperti sebelumnya. Namun, ibu tetap harus berhati-hati karena bayi Anda bisa lahir prematur. Bayi yang dilahirkan pada usia kehamilan 7 bulan hingga 8 bulan tentu tidak sesehat bayi yang lahir matur. Oleh karena itu, ibu perlu mengetahui penyebab kelahiran prematur beserta cara perawatannya.

Penyebab Prematur, beberapa abnormalitas dalam kehamilan menyebabkan bayi dilahirkan dini. Penyebab tersebut berasal dari ibu atau dari janin sendiri. Kelainan yang berasal dari ibu di kehamilan 7 bulan antara lain:

Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi yang tidak dapat dikendalikan menyebabkan paramedis melakukan tindakan pengakhiran kehamilan untuk menyelamatkan nyawa ibu.

Diabetes

Kadar gula darah yang tidak terkendali merupakan indikasi untuk mengakhiri kehamilan. Namun, terapi insulin yang diterapkan sekarang ini berhasil menurunkan resiko persalinan pada usia kehamilan 7 bulan.

Preeklampsi

Preeklampsi tingkat lanjut hingga ibu mengalami kejang-kejang menjadi indikasi untuk menghentikan kehamilan. Pasalnya, ibu tidak akan sembuh kecuali dengan pengakhiran kehamilan.

Kehamilan Ganda

Peregangan perut yang melebihi usia kehamilan normal menyebabkan kontraksi rahim sebelum bayi matur. Terkadang, pada usia kehamilan 7 bulan ibu sudah merasakan kontraksi persalinan.

kehamilan 7 bulan

Berikut ini penyebab prematuritas dari sisi janin:

Hambatan Pertumbuhan

Hambatan pertumbuhan ini bisa disebabkan oleh kurangnya pasokan nutrisi dan oksigen atau kegagalan penyerapan nutrisi. Pemenuhan nutrisi yang inadekuat merupakan penyebab kelahiran prematur.

Solusio Plasenta

Solusio plasenta adalah lepasnya plasenta sebelum janin dilahirkan. Plasenta bisa saja terlepas saat usia kehamilan 7 bulan sehingga janin harus segera dilahirkan. Terlepasnya plasenta ini sangat membahayakan kehidupan janin.

Plasenta Previa

Peregangan rahim menyebabkan pembukaan mulut rahim sehingga terjadi perdarahan. Apabila perdarahan tidak dapat dihentikan, maka pengakhiran kehamilan perlu dilakukan meskipun usia kehamilan belum mencapai 9 bulan.

Kelainan Rhesus

Kelainan rhesus ibu dan janin menyebabkan antibodi dalam tubuh ibu menyerang janin. Akibatnya, tubuh ibu berusaha mengeluarkan janin tersebut sebelum matur.

KPD

Pecahnya selaput ketuban menyebabkan kontraksi rahim sehingga proses persalinan harus dimulai. KPD atau ketuban pecah meningkatkan resiko terserang infeksi dan stres. Oleh karena itu, ibu perlu perawatan khusus.

Hidramnion

Hidramnion adalah keadaan dimana volume cairan ketuban lebih dari normal sehingga peregangan perut tidak sesuai dengan usia kehamilan. Hidramnion ini menyebabkan kontraksi rahim yang berujung pada persalinan prematur.

This post has already been read 5013 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>