Vagina Gatal Saat Ibu Hamil

Keluhan vagina gatal sering kali menjadi hal yang sangat mengganggu bagi ibu hamil. Bagi sebagian orang mungkin akan merasa malu untuk berkonsultasi meski vagina gatal sudah terasa sangat mengganggu.
Ibu perlu mengetahui apa saja pencetus vagina gatal. Beberapa hal yang bisa jadi pemicu adalah keringat sekitar area V, cuaca panas berlebihan, sabun wangi atau sabun sirih yang dijual bebas, sabun mandi wangi, tisu basah yang di lap pada bagian vagina, kepekaan terhadap lateks, menggunakan celana yang terlalu ketat, handuk kotor, pasir, hormon, bikini basah atau lembab, pakaian dalam yang tidak menyerap keringat dan yang terakhir hubungan seks.
Kendalikan rasa gatal yang muncul. Sekarang Ibu sudah mengetahui apa saja yang bisa merangsang vagina menjadi gatal. Hal yang sangat umum adalah penggunaan handuk kotor, celana dalam yang tidak menyerap keringat dan penggunaan celana yang terlalu ketat.
Pencetus vagina gatal yang pertama adalah karena handuk kotor yang terus dipakai. Handuk sebaiknya di ganti seminggu sekali. Kita menggunakan handuk setiap hari sebagai alat menyeka bagian tubuh yang basah setelah dibersihkan atau setelah mandi. Setelah menggunakan handuk biasakan untuk menjemur di tempat yang terkena pancaran sinar matahari. Bila handuk yang sedang di jemur di luar rumah terjatuh, segera cuci jangan terus dipakai.
pencetus terbanyak yang kedua adalah penggunaan celana dalam yang tidak menyerap keringat. Ibu hamil biasanya mengeluarkan keringat berlebih. Perhatikan hal ini, bila tubuh kita mengeluarkan keringat yang banyak dan celana dalam kita tidak dapat menyerap dengan baik, pastinya area V akan lembab. Bila terpaksa menggunakan celana dalam dengan bahan yang tidak menyerap keringat sebaiknya Ibu sering berganti-ganti.
Terakhir, vagina gatal karena penggunaan celana yang terlalu ketat. Saat usia kehamilan ibu bertambah maka berat badan ibu juga semakin bertambah. Celana yang sudah semakin ketat dan sempit sebaiknya tidak digunakan lagi. Gunakan celan dengan ukuran yang longgar atau bahan yang bisa melar.
Vagina gatal tentunya benar-benar membuat tidak nyaman. Dalam hubungan seks Ibu dengan suami juga bisa menjadi tidak nyaman. Bila vagina gatal sudah terasa parah, segera konsultasikan ke dokter kandungan.

This post has already been read 107337 times!

One comment to Vagina Gatal Saat Ibu Hamil

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>