Tips Pencegahan Sembelit atau Kontipasi Saat Hamil

Salah satu dari tanda-tanda kehamilan adalah sembelit. Memang tidak semua memiliki gejala yang sama. Sembelit/kontipasi atau susah BAB bisa terjadi bila pola makan dan sitirahat Ibu hamil tidak benar. Sudah pasti kontipasi rasanya tidak enak, rasanya cukup menyiksa. Dengan begitu Ibu perlu menjaga pola makan selama hamil. Simak 5 tips pencegahan sembelit atau kontipasi saat hamil berikut ini:

1. Konsumsi makanan yang berserat tinggi. Pilih sayuran hijau segar dan buah-buahan. Pilih buah yang banyak mengandung air seperti pepaya, mangga dan melon. Selain itu bisa selingi dengan makan sereal, beras merah, gandum, ketan hitam, jagung, kacang-kacangan, ubi dan singong. Konsumsi serat yang di anjurkan sekitar 30-35 gram perhari.

2. Perbanyak minum khususnya air putih. Minimal 2 liter perhari atau sebanyak 8 gelas. Ibu hamil mudah berkeringat. Cegah dehidrasi dengan banyak minum. Keuntungan lain sirkulasi pencernaan juga akan menjadi lebih lancar.  Selingi dengan jus buah segar. Lebih baik bila Ibu bisa membuat sendiri dan bukan membeli di supermarket.

Foods-Pregnancy-pencegahan-kontipasi-sembelit-wasir-saat-hamil

3. BAB secara teratur. Bentuk pola makan akan mempengaruhi waktu BAB. Biasakan BAB setiap hari sehingga fases tidak mengeras dan tidak mengeras. Dengan demikian Ibu hamil bisa terhindar dari sembelit/kontipasi dan wasir.

4. Tidak mengedan terlalu kuat saat BAB. Mengedan keras-keras akan menimbulkan luka dan wasir.

5. Beraktivitas dengan cukup, tidak kurang dan tidak berlebihan. Bila Ibu hamil bergerak dengan cukup makan membantu usus untuk bekerja lebih mudah. Sehingga sisa makanan yang perlu dibuang juga dapat berproses lebih mudah. Tetap jaga aktivitas dan pilih kegiatan yang tidak berbahaya bagi kehamilan.

Bila ibu sudah terlajur kena wasir, ketahui cara mengatasi wasir dan sembelit dengan segera.

This post has already been read 2517 times!

2 comments to Tips Pencegahan Sembelit atau Kontipasi Saat Hamil

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>