Tips Mengatasi Gangguan Tidur Saat Kehamilan 9 Bulan

Pada saat kehamilan sudah memasuki minggu ke 28 atau lebih, gangguan tidur merupakan hal yang sering kali dialami oleh para ibu hamil.  Gangguan tidur bisa jadi dikarenakan rasa cemas dan juga stress yang dialami oleh ibu hamil karena sudah mendekati kelahiran. Perasaan gembira dan juga stress itulah yang dirasakan. Selain itu adanya perubahan pada hormonal serta adanya perubahan fisik sehingga mengakibatkan napas menjadi berat juga mempengaruhi gangguan tidur. Bagi Anda yang mengalami hal seperti ini, tidak perlu khawatir. Ada beberapa tips kehamilan 9 bulan untuk mengatasi gangguan tidur anda. Berikut ini bisa disimak beberapa ulasan tips untuk kehamilan usia 9 bulan.

 Yang pertama adalah cara posisi yang enak saat tidur. Tips kehamilan 9 bulan dalam mengatasi gangguan tidur ini merupakan faktor penting agar tidur menjadi lebih nyaman dan juga nyenyak. Posisi tidur yang baik untuk ibu hamil adalah posisi miring ke kiri agar dapat mengoptimalkan alirah darah yang membawa oksigen dan juga nutrisi ke plasenta. Pada saat siang hari, sebisa mungkin hindari untuk tidur siang. Karena tidur siang akan membuat Anda tidak mengantuk di malam harinya. Boleh saja tidur siang, namun hanya sebentar saja.

tips kehamilan 9 bulan

Dengan mandi air hangat di sore hari atau sebelum tidur dapat membantu Anda untuk mengatasi gangguan tidur. Berendam dengan air hangat memang banyak dilakukan oleh orang-orang supaya dapat tidur lebih  nyenyak. Berikan sabun wewangian saat Anda berendam dengan air hangat agar membuat rasa segar dan juga relaks yang dapat membantu Anda tidur dengan nyenyak dan nyaman. Selain itu tips kehamilan 9 bulan berikutnya yaitu usahkan untuk tidak makan terlalu banyak ketika menjelang akan tidur. Saat hamil memang sering didera oleh rasa lapar sehingga membuat Anda untuk terus ingin makan. Namun hal itu bisa disiasati dengan minum segelas susu hangat saat rasa lapar datang melanda Anda di malam hari. Susu hangat juga mengurangi rasa yang tidak enak pada ulu hati yang menyebabkan tidak bisa tidur.

tips kehamilan 9 bulan

Segelas susu hangat memang bisa menghilangkan rasa lapar dan susu hangat juga mengandung asam amino tryptophan di mana kandungan ini mampu meningkatkan kadar serotonin yang ada di otak sehingga membuat Anda bisa tidur dengan nyenyak. Tips kehamilan 9 bulan selanjutnya adalah dengan mendengarkan musik yang bisa memberikan ketenangan dan rileks. Dengan merasa rileks maka tidur Anda akan nyenyak. Demikian beberapa tips menjaga kehamilan di usia 9 bulan. Semoga bermanfaat.

 

This post has already been read 8823 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>