Tingkatan Hiperemesis Gravidarum Saat Hamil

Ada tiga tingkatan Hiperemesis Gravidarum atau yang lebih biasa di dengar dengan sebutan mual-muntah pada saat hamil.

1. Mual-muntah tingkat 1, muntah terjadi terus-menerus hingga ibu hamil merasa lemas, tidak nafsu makan, berat badan turun, dan nyeri pada bagian ulu hati. Pada mual-muntah tingkat 1 ibu belum mengalami gangguan pada kegiatan sehari-hari.
2. Mual-muntah tingkat 2, keadaan ibu semakin lemah, apatis, kulit terlihat keriput, dan tercium bau aseton pada nafas. Pada mual-muntah tingkat 2, kegiatan Ibu mulai terganggu karena rasa lemas yang selalu datang.
3. Mual-muntah tingkat 3, kesadaran ibu bisa menurun bahkan bisa sampai koma. Ibu hami yang mengalami hal ini berada pada kesehatan yang memerlukan perawatan.

Penanganan mulal-muntah sesuai tingkatan Hiperemesis Gravidarum:

Pada mual-muntah tingkat 1, kondisi ibu masih bagus. Belum membahayakan kesehatan janin tapi keadaan dan kesehatan ibu hamil namun harus di awasi dan minum vitamin agar kondisi tubuh tidak semakin buruk.

Pada mual-muntah tingkat 2, ibu harus mendapat perawatan intensif. Ibu sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kandungan agar mendapatkan obat yang sesuai, bila keadaan semakin parah tandanya ibu perlu di infus.

Pada mual-muntah tingkat 3, ibu memerlukan perawatan yang lebih intensif di rumah sakit. Gangguan yang bisa muncul karena mual-muntah tingkat 3 bisa berupa gangguan di hati, otak, atau menderita sakit kuning. Perbanyak minum air putih. Infus dan obat yang diberikan melalui selang infus juga akan memperbaik kesehatan ibu hamil.

Beri penangan yang tepat agak keselamatan ibu dan janin bisa terjaga. Pesan untuk ayah, pada tahap pemeriksaan selalu tanyakan diagnosa dan obat apa saja yang akan diberikan kepada istri. Tanyakan lebih jelas kandungan dari masing-masing obat dan vitamin.

This post has already been read 5788 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>