Tanda-Tanda Kehamilan yang Perlu Dikenali Sejak Dini

Tanda-tanda kehamilan perlu dikenali sejak dini agar Ibu bisa mempersiapkan dan menjaga kondisi kehamilan dengan baik. Dengan memahami apa saja tanda-tanda kehamilan tersebut Ibu dapat mengenali apakah Ibu sedang hamil atau tidak.

Beberapa Tanda-Tanda Kehamilan Awal

 Inilah beberapa tanda-tanda kehamilan di minggu pertama yang perlu dikenali sejak dini:

–          Merasa mual dan ingin muntah yang biasanya terasa di pagi hari, maka gejala ini disebut juga “morning sickness”. Munculnya rasa mual dikarenakan hormon human chorionic   gonadotrophin atau HCG meningkat. Meningkatnya hormon ini mendorong rasa pedih di lapisan perut. Karena rasa pedih itu, maka muncul rasa mual.

–          Mudah kelelahan juga merupakan salah satu tanda-tanda kehamilan. Rasa lelah ini muncul karena perubahan pada kadar gula darah dan tekanan darah setelah munculnya janin, serta juga karena hormon progesterone meningkat.

–          Ibu akan merasa lebih sensitif pada bau-bau tertentu.

–          Payudara dan puting payudara akan terasa membesar, lebih lembut dan berwarna lebih gelap. Terkadang payudara juga terasa sakit dan gatal. Kadang, rasa kesemutan dan juga nyeri akan dirasakan oleh ibu pada bagian payudaranya. Gejala ini muncul karena sejak awal kehamilan payudara sudah mempersiapkan ASI untuk si buah hati.

–          Bagian tubuh lainnya selain payudara, bentuk paha, bokong, dada, dan lengan juga terlihat membesar atau membengkak.

Tanda-Tanda Kehamilan yang Perlu Dikenali Sejak Dini

–          Tidak menstruasi atau haidl pada waktu biasanya mendapatkan haidl atau tamu datang bulan.

–          Sering buang air kecil biasanya terjadi di malam hari sehingga mengganggu tidur Ibu. Gejala ini muncul karena kandung kemih akan tertekan oleh kehadiran janin sehingga frekuensi buang air kecil bertambah.

–          Bercak darah atau flek seperti awal menstruasi biasanya akan muncul pada minggu awal kehamilan dikarenakan reaksi implantasi pada saat embrio menempel di dinding rahim.

–          Anda juga bisa merasakan kram perut yang berlangsung lama.

–          Mood wanita yang baru hamil juga biasanya sangat mudah sekali berubah dengan cepat.

Itulah beberapa tanda-tanda kehamilan yang sebaiknya ibu kenali sejak dini.

This post has already been read 1469 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>