Tanda-tanda Kehamilan 4 Bulan

Kehamilan merupakan suatu anugerah bagi pasangan suami istri apalagi jika sudah memasuki masa kehamilan 4 bulan. Para wanita yang sedang hamil harus tanggap mengenai kondisi tubuhnya agar tidak timbul kepanikan dan dapat segera mengambil langkah yang tepat untuk menjalaninya. Pada usia awal kehamilan, ibu hamil memang cenderung mengalami mual dan muntah. Kondisi tersebut umumnya tidak lagi timbul ketika usia kehamilan mencapai 4 bulan. Namun, tetap saja terjadi beberapa perubahan pada kehamilan 4 bulan.

Perubahan dan Tanda Kehamilan 4 Bulan

– Perubahan Emosi

Memasuki trimester kedua, ibu hamil umumnya sibuk memikirkan berbagai macam kebutuhan bayi hingga nama bayi. Ada pula yang khawatir akan bentuk tubuh dan sikap suami. Juga, ada yang mengeluhkan libido, meningkat ataupun malah menurun. Perubahan dan perasaan takut demikian hendaknya tidak dipikirkan sendiri saja, tetapi diutarakan kepada pasangan. Anda bisa saja menganti hubungan intim dengan belaian kasih sayang yang lembut dan tulus. Yang terpenting, utamakan kondisi Anda dan sang janin.

kehamilan 4 bulan

kehamilan 4 bulan – tribunnews.com

– Perubahan Fisik

Pada kehamilan 4 bulan, ibu hamil mulai mengalami perbesaran payudara akibat hormon estrogen dan progesteron. Ukuran cup bra menjadi dua kali lebih besar dan berat bertambah hingga 1/2 kg. Kemudian, perut terasa kembung dan sakit akibat melambatnya proses pencernaan. Oleh sebab itu, makanlah lebih sedikit namun dengan frekuensi yang bertambah, perbanyak air putih dan makanan berserat.

Perubahan warna kulit terutama pada bagian sekitar puting susu yang menjadi lebih gelap dan kulit di bagian pinggang dan pusar. Kehamilan 4 bulan terkadang ditandai dengan kram pada kaki akibat tekanan rahim yang mengalirkan darah menuju kaki. Atasi bagian tersebut secara perlahan. Ditambah lagi dengan kontraksi di bagian bawah perut dan sulit buang air kecil ataupun buang air besar. Tanda kehamilan 4 bulan paling umum adalah perut semakin besar, tentunya karena perkembangan dan pertumbuhan janin. Tanda-tanda kehamilan bisa jadi berbeda-beda pada setiap ibu hamil. Oleh sebab itu, rutinlah memeriksakan kehamilan ke dokter yang sudah berpengalaman agar kehamilan Anda tetap terjaga dan berkembang dengan baik.

This post has already been read 4965 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>