Sudah Pakai Alat Kontrasepsi Tetap Kebobolan Juga

Memilih alat kontrasepsi yang cocok dengan kita memang susah-susah gampang. Ada yang pengaruhnya berat badan naik, kulit kering, atau keluhan lainnya juga bisa saja muncul.

Selain pilih-pilih alat kontrasepsi yang bagus, tetap saja ibu harus memikirkan resiko ‘kebobolan’. Bukan hal yang tidak mungkin bila kita sudah pakai alat kontrasepsi tetap hamil juga.

Selain kontrasespsi mantap, pilihan lain hanya menjamin hingga 90% saja. Artinya masih ada peluang berhasil mengalami kehamilan sekitar 1-10% kan. Tanya kembali pada bidan atau dokter kandungan dan konsultasikan tentang kemungkinan kebobolan setelah memakai alat kontrasepsi.

Kombinasi KB

Kalau Ibu tidak ingin kebobolan disarankan untuk melakukan kombinasi KB. Mungkin belum semua Ibu mengerti apa itu kombinasi KB. Melakukan kombinasi KB bisa dicontohkan seperti keadaan jika Ibu menggunakan KB pil, tentu harus disiplin minum pil KB setiap hari. Bila terjadi kealpaan karena lupa atau tertinggal disuatu tempat, Ibu bisa melakukan kombinasi KB dengan senggama terputus, kemudian tetap lanjutkan minum pil KB. Demikian juga bila Ibu menggunakan KB suntik.

Sudah-Pakai-Alat-Kontrasepsi-Tetap-Kebobolan-1
Bila memang tak ingin kebobolan, hubungan pada masa subur juga sebaiknya tetap dihindari sekalipun sudah menggunakan KB. Rajin cek pemasangan KB bila Ibu menggunakan KB spiral. Letak KB spiral yang salah akan memudahkan sperma dan membuka peluang Ibu untuk hamil. Bila ibu menggunakan susuk, suntik, pil KB, dimana selalu mens dan tiba-tiba lebih dari 2  minggu mens tidak muncul segera cek ke bidan. Setelah 2 minggu hormon yang dikeluarkan oleh plasenta dinyatakan cukup kuat, maka periksalah setelah 2 minggu.

Ketidak hadiran menstruasi juga tidak melulu dapat dijadikan indikasi. Karena sebagian Ibu yang memilih KB suntik tidak mengalami mens atau jarang. Untuk kasus KB suntik, bila terputus atau telat suntik ulang, bila Ibu berhubungan dengan suami sebaiknya cek bila mens tidak muncul dalam hitungan lebih dari 2 minggu.

KB Spiral jagonya jarang kebobolan

Sangat minim kasus kebobolan bagi Ibu yang menggunakan KB spiral. Walau sebagian Ibu takut menggunakan KB Spiral, namun KB ini merupakan pilihan yang paling aman bila Ibu belum siap mempunyai keturanan lagi. Hanya saja perlu hati-hati ya bu, jangan sampai letak bergeser. Tetap konsultasikan dan cek ke bidan untuk mencegak kebobolan.

This post has already been read 17588 times!

4 comments to Sudah Pakai Alat Kontrasepsi Tetap Kebobolan Juga

  • manda  says:

    Dear Dokter,
    saya mau tanya nich saya lupa suntik seharusnya saya suntik tanggal 23 tpi saya suntik baru tanggal 25 sementara itu saya berhubungan ditanggal 23 ,(dua hari setelah halangan) apa kemungkinan besar akan hamil dokter?terimakasih dok,

    • Hamil Pintar  says:

      Dear Ibu Manda,

      Kalau sudah terbiasa dengan suntik KB sebaiknya bikin reminder agar tidak lupa. Kalau masih kelewat juga, karena lupa dan sudah terlanjur berhubungan sebaiknya pakai KB putus saat berhubungan dengan suami.
      Tetap cek menggunakan test pack setelah 2 minggu ya Ibu, bila masih ragu dengan hasil tes silakan cek di dokter kandungan agar lebih akurat.

      Semoga sedikit membantu ya :)

  • Titin  says:

    Pagi docter, saya ibu rumah tangga usia 29th, keluhan saya begini doct, saya sudah menggunakan kb susuk, tapi menstruasi saya tidak teratur, dalam 1 bulan bisa 2x, apa mungkin kb jenis susuk gidak cocok buat saya,

    • Hamil Pintar  says:

      Halo Ibu Titin,
      Memang ada perubahan hormonal setelah kita menggunakan KB tertentu. Termasuk KB yang ibu pilih. Sudah berapa bulan mestruasi tidak teratur? Apakah ada keluhan lain setelah menggunakan KB tersebut? Jika tidak ada keluhan lain, berarti masih dalam keadaan baik-baik saja, namun siklus menstruasi saja yang berubah dan semakin cepat.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>