Seberapa Penting Ibu Hamil Minum Susu Kehamilan?

Kita mengetahui susu merupakan sumber nutrisi yang baik, khususnya untuk memenuhi kandungan bergizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan yang ada pada susu seperti protein, lemak, dan kalsium sangat baik untuk memenuhi kebutuhan bagi tubuh kita.

Begitu pula untuk ibu hamil, dengan minum susu Ibu bisa memiliki kandungan yang sehat dan kuat. Sayangnya, kandungan susu tidak kaya akan zat besi. Padahal, zat besi sangat penting bagi ibu hamil. Seorang ibu hamil memerlukan 30 mg zat besi perhari. Kekurangan zat besi bisa mengakibatkan ibu lemas bahkan anemia. Kekurangan zat besi juga dapat mempengaruhi kecerdasan janin.

Walau tidak terpenuhi dari susu, ibu bisa melengkapi asupan dengan banyak mengkonsumsi sayuran hijau. Namun, bukan berarti susu kehamilan menjadi tidak penting bagi ibu hamil. Ibu cukup minum susu kehamilan 2 gelas dalam sehari saat pagi dan malam.

Beri jarak waktu 1 jam antara makan pokok dengan minum susu, jangan dalam waktu yang berbarengan. Mengapa demikian? Jika minum susu dibarengi dengan mengkonsumsi makanan padat, penyerapan kalsium yang didapat dari susu bisa terganggu  oleh sayuran dan nasi yang ibu makan. Padahal kalsium sangat penting lho untuk ibu hamil.

Ibu Hamil Minum Susu Kehamilan

Penting bagi ibu hamil minum susu kehamilan, bukan susu yang lainnya. Susu kehamilan memiliki kandungan khusus yang sudah di formulasikan sesuai dengan kebutuhan ibu hamil. Ada kandungan gizi tambahan yang sengaja diberikan pada susu kehamilan seperti kandungan asam folat.

Pada ibu hamil yang mengalami mual muntah, memang sering mengeluh dan enggan minum susu. Tapi sekarang sudah banyak susu kehamilan dengan pilihan rasa cikla, moca atau vanila. Ibu bisa memilih rasa sesuai dengan keinginan.

Ada juga susu kehamilan yang khusus dibuat untuk ibu hamil yang suka mual-muntah. Ibu bisa mencoba PRENAGEN Mommy Emesis untuk meredakan mual dan muntah. Ibu juga bisa mengkonsumsi susu dalam bentuk lain seperti kue dengan kandungan yang kaya susu dan ice cream. Biasakan konsumsi susu kehamilan agar ibu hamil dan janin selalu sehat.

This post has already been read 9428 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>