Posisi Tidur Saat Hamil Yang Disarankan

posisi tidur saat hamil 2

Untuk wanita hamil, posisi tidur akan menjadi sangat penting. Di masa kehamilan pada waktu trisemester pertama yaitu pada bulan ke-1 sampai dengan bulan ke-3, Posisi Tidur Saat Hamil di waktu tersebut masih cenderung bebas, atau si ibu hamil masih boleh mencari posisi nyaman untuk dirinya.

Selanjutnya pada masa kehamilan di periode trisemester kedua, biasanya para ibu hamil akan mulai mencemaskan dan mencari tahu bagaimana sebenarnya Posisi Tidur Saat Hamil yang baik untuk dirinya dan terutama untuk jabang bayi yang ada dalm kandungannya.

Sebenarnya para ibu hamil tidak haru khawatir, karena janin yang ada didalam kandungan seorang ibu itu mengapung dalam cairan ketuban dan mempunyai ruang sendiri untuk bergerak bebas. Tetapi walaupun begitu, tidak ada salahnya jika kita menjaga dan tetap berhati-hati dalam memilih posisi tidur ya. Berikut ada beberapa tips untuk Posisi Tidur Saat Hamil yang baik :

Posisi Terlentang

Posisi Tidur Saat Hamil dengan terlentang di anjurkan setelah kehamilan 16 minggu tidak dilakukan lagi, karena dengan tidur posisi terlentang akan meletakan seluruh berat rahim ke bagian belakang, usus, dan vena cava inferior. Tidur posisi terlentang juga dapat meningkatkan resiko sakit pinggang, wasir,dan gangguan pencernaan, dan mengganggu pernapasan dan sirkulasi.

posisi tidur saat hamil 1

Posisi Miring

Setelah kehamilan 16 minggu, sebaiknya Posisi Tidur Saat Hamil dilakukan dengan posisi miring ke sebelah kiri, karena posisi ini memberi keuntungan untuk bayi untuk mendapatkan aliran darah dan nutrisi yang maksimal ke plasenta. Posisi Tidur Saat Hamil ke kanan juga baik untuk membuat anda tidur lebih nyaman.

Tips: Untuk Posisi Tidur Saat Hamil dengan posisi miring yang lebih nyaman letakan bantal diantara dengkul dan satu di punggung, atau bisa juga membeli bantal khusus untuk ibu hamil.

Posisi Tengkurap

Posisi Tidur Saat Hamil dengan tengkurap ini sebenarnya cukup aman untuk ibu hamil. Tapi biasanya pasca kehamilan trimester pertama, karena adanya pembesaran payudara dan juga rangsang payudara yang lebih sensitif akan menimbulkan ketidaknyamanan untuk tidur tengkurap. Dan pada saat di mana perut anda sudah mulai membesar, tidur dengan posisi tengkurap menjadi sangat tidak nyaman karena harus menyokong paha dengan bantal untuk dapat tidur tengkurap karena perut yang mulai membesar.

This post has already been read 1174 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>