Perkembangan Janin Tiap Minggu

Perkembangan janin sangatlah penting untuk terus dipantau. Bagi Ibu hamil, penting untuk mengetahui bagaimana perkembangan janin sejak awal pembuahan hingga detik-detik akan dilahirkannya. Langsung saja simak ulasan di bawah ini untuk lebih mengetahui bagaimana perkembangan janin dalam rahim Anda:

Perkembangan Janin – Tahapan Perkembangan Janin dari Minggu ke Minggu

Berikut ini adalah tahapan perkembangan janin tiap bulannya:

Perkembangan Janin Tiap Minggu

Minggu ke 1 – Minggu ke 4 (Bulan pertama)

Sel telur yang sudah dibuahi atau disebut juga embrio ini akan mulai membentuk lapisan. Lapisan tersebut nantinya akan semakin berkembang menjadi organ. Pada minggu pertama, perkembangan janin sangatlah pesat hingga mengandung 200 sel bernama blastocyst yang kemudian memberitahu kehadirannya di dalam rahim melalui merembeskan mucus. Perkembangannya di minggu kedua akan terbagi 2 kali sehari. Kemudian juga di bulan ni janin sudah mulai ada detak jantung dan pembentukan tulang-tulang pada tulang belakang. Ukuran embrio di akhir minggu keempat panjangnya akan sekitar ΒΌ inch atau 6 mm.

Minggu ke 5 – Minggu ke 8 (Bulan kedua)

Bakal jari tangan dan mata sudah mulai tumbuh dan dapat dilihat dengan cukup jelas. Selain itu kelopak mata dan bakal kaki akan berkembang selama 4 minggu di bulan kedua ini. Kemudian sel-sel saraf di otak mulai terhubung.

Minggu ke 9 – Minggu ke 12 (Bulan ketiga)

Pada akhir bulan ketiga ini panjang janin akan berkembang dari puncak kepala sampai bokong hingga panjangnya berkisar 2,4 inch. Wajah sudah mulai jelas, dan ekor tulang belakang akan hilang.

Minggu ke 13 – Minggu ke 16 (Bulan keempat)

Kaki dan tangan janin akan semakin berkembang dengan baik. Sedangkan kelopak mata yang sudah sempurna terbentuk akan masih tertutup selama tiga bulan kedepan.

Minggu ke 21 – Minggu 24 (Bulan kelima)

Panjang janin dari kepala hingga bokong akan berkisar sekitar 9 inch. Kemudian berat janin akan berkisar seberat 2 kg.

Minggu ke 25 – Minggu ke 28 (Bulan ketujuh)

Posisi janin biasanya berubah atau berputar sehingga kepala janin berada di bawah.Organ dalam seperti paru-paru semakin berkembang. Di bulan ini sebenarnya perkembangan bayi belum sempurna sehingga belum siap dilahirkan. Jika bayi lahir pada bulan ketujuh maka biasanya ia akan membutuhkan perawatan intensif terlebih dahulu.

Minggu ke 28 – Minggu ke 32 (Bulan kedelapan)

Ukuran tubuh menjadi lebih besar. Pada awal minggu bulan ini beratnya bisa berkisar 1100 gram dengan panjang sekitar 25 cm. Otak bayi, lapisan lemak dan rambut semakin berkembang dan tumbuh. Gerakan bayi tidak akan selincah biasanya, tapi mata bayi sudah mulai bisa berkedip bila melihat cahaya lewat dinding perut ibunya. Di awal minggu bulan ini, paru-paru bayi masih belum sempurna, tapi di akhir bulan ini ia sudah mulai bisa bernafas dalam-dalam meskipun di dalam air. Bayi juga sudah mulai sensitif terhadap bau, rasa, cahaya dan suara.

Minggu ke 33 – Minggu ke 36 (Bulan kesembilan)

Pada akhir bulan ini, bayi biasanya berukuran sepanjang kepala sampai bokong sekitar 15 inch dengan total panjang berkisar 21 inch, sedangkan ukurannya mencapai berat sekitar 3.5 kg. Di akhir minggu bulan ini kepala bayi akan turun ke ruang pelvic dan siap dilahirkan.

Itulah tahapan perkembangan janin dari minggu ke minggu. Semoga bermanfaat.

This post has already been read 6152 times!

One comment to Perkembangan Janin Tiap Minggu

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>