Perkembangan Janin Pada Trimester Tiga

Perkembangan janin pada trimester ketiga adalah perkembangan janin pada tahap akhir. Semua bagian tubuh janin sudah terbentuk hampir sempurna dan tentu saja jenis kelamin bayi sudah dapat dipastikan. Pada trimester ketiga ini janin sudah berada pada bulan ketujuh sampai kesembilan. Pada bulan ini perut Ibu akan semakin membesar dan terlihat bahwa kehamilan sudah mendekati kelahiran. Pada fase ini Ibu sudah mulai cemas menunggu kelahiran sang jabang bayi keluar ke dunia.

Pada saat memasuki bulan ketujuh Ibu harus mengetahui ada beberapa perubahan yang signifikan terhadap janin dan tentunya sang Ibu yang sedang mengandung. Perubahan itu berupa kontraksi dan kaku pada perut, pegal pada persendian tulang belakang, nafas pendek, dan gerah. Ibu juga akan meningkatkan naluri keibuan namun tangan dan kaki Ibu juga semakin membengkak. Perkembangan janin sudah dapat mendengar suara secara optimal sehingga responsif terhadap suara, cahaya, dan juga rasa sakit. Janin pada usia tujuh bulan mempunyai berat sekitar 1 sampai 1, 8 kg.

Bulan kedua dalam trimester ketiga adalah bulan kedelapan masa kehamilan perkembangan janin sudah semakin sempurna, pada bulan ini janin sudah mulai terbentuk sempurna termasuk otaknya, namun untuk paru-paru belum terbentuk dan berfungsi secara sempurna.

perkembangan janin, trimester tiga

Selain itu janin juga semakin membesar dan mulai menendang rahim sang Ibu. Kondisi sang Ibu juga semakin membesar perutnya dan akan sering sakit punggung karena membesar ligamen. Selain itu Ibu juga akan mengalami rembesan air seni karena janin akan mendorong kandung kemih sehingga jika tertawa terlalu keras ataupun yang lainnya akan terjadi rembesan air seni.

Bulan ketiga atau terakhir trimester ketiga adalah bulan kesembilan. Bulan ini Ibu akan semakin cemas menantikan janin yang akan lahir. Ibu juga akan lebih sering sakit pinggang dan frekuensi buang air kecil semakin banyak serta akan lebih sering mengalami kontraksi perkembangan janin pada bulan ini sangatlah pesat terutama fungsi paru-parunya dan refleks kondisinya.

Janin juga kan mengalami penyempurnaan bentuk lainnya. Pada bulan ini janin akan sering berubah posisi apalagi pada saat mendekati hari kelahiran. Panjang bayi mencapai 4 cm dengan berat antara 3 sampai 3, 5 kg. Waktu mendekati hari kelahiran Ibu akan semakin cemas. Dukungan moril dari keluarga terutama suami sangat diperlukan agar sang Ibu tetap bugar dan sehat seta bahagia menunggu waktu untuk melahirkan.

This post has already been read 15638 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>