Perkembangan Janin Minggu Ke 6

Setelah mengetahui tanda-tanda awal kehamilan, Anda akan merasa penasaran apa yang terjadi dengan janin Anda. Biasanya ibu hamil semakin memperhatikan perkembangan janin dari hari ke hari. Lalu, apakah Anda tahu seperti apa perkembangan janin minggu ke 6?

Perkembangan yang terjadi di minggu ke 6

Bagian hidung, telinga dan mulut mulai terbentuk. Seandainya Anda bisa melihat ke dalam janin pasti akan membuat Anda semakin ingin menjaganya. Mulai terlihat titik hitam dibeberapa tempat. Sebenarnya ini adalah mata yang mulai terbentuk dan lubang hidung yang mulai terbuka. Telinga mulai muncul di sisi kepalanya. Jantungnya mulai berdetak pada minggu ke 6 sekitar 100 sampai 160 kali permenit. Panjang bayi pada minggu ke 6 mencapai sekitar seperempat inci atau 0,635 cm.

perkembangan bayi minggu ke 6

Pada organ dalam juga terjadi perkembangan janin di minggu ke 6 ini. Ususnya mengembang lalu kemudian paru-parunya mulai muncul. Kelenjar hipofisis mulai muncul. Kelenjar hipofisis merupakan kelenjar yang paling banyak menghasilkan berbagai jenis hormon. Kelenjar hipofisis ini terletak di otak. kelenjar ini bekerja sebagai pengendali karena menghasilkan bermacam-macam hormon yang mengatur kegiatan kelenjar lainnya. Kelenjar ini berbentuk bulat dan berukuran kecil, dengan diameter 1,3 cm. bayangkan bila kelenjar ini mulai tumbuh pada janin Anda di minggu ini.

Kaitan perkembangan janin minggu ke 6 dengan morning sickness

perkembangan janin minggu ke 6

Setelah kelenjar hipofisis muncul dan menciptakan banyak hormon pada janin maka sangat wajar bila terjadi mual muntah pada ibu hamil yang biasa disebut morning sickness. Apa yang Anda lalui ini adalah hal yang normal.

Perasaan mudah berubah, hari ini murung dan merasa sedih lalu besok senang dan mudah tersenyum. Emosi yang terpancar disebabkan oleh fluktuasi hormon. Berbeda jika Anda mengalami kesedihan karena pada realitanya sedang menghadapi permasalahan. Karena perkembangan janin minggu ke 6 ini bisa jadi Anda akan menjadi sangat sensitif bila mengalami hal tersebut.

Perkembangan Janin Minggu Ke 5

Bagaimana bila ada bercak atau flek?

Bercak darah atau biasa disebut flek biasa menempel pada pakaian dalam ibu hamil atau tisyu toilet setelah buang air kecil. Bercak ini biasa terjadi pada awal kehamilan, tapi bisa juga menjadi tanda awal keguguran atau kehamilan ektopik. Jika bercak terjadi erulang kali dan ibu hamil merasa ada yang aneh seperti nyeri atau tidak nyaman segera periksa ke dokter Anda.

This post has already been read 7056 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>