Perkembangan Janin Minggu Ke 5

Perkembangan janin minggu ke 5 akan mengalami progress yang cepat. Pada minggu ke 5 ini janin mirip dengan kecebong kecil yang menyerupai manusia kecil.

Janin terdiri atas 3 lapisan penting yaitu ekstoderm, mesoderm dan endoderm. lama-kelamaan sesuai usianya, maka janin akan membentuk organ dan jaringan secara cepat dan normal. Peran ibu hamil sangat penting dalam perkembangan janin.

Perkembangan Janin Pada 3 Lapisan

Lapisan Ekstoderm

Otak dan seperangkat organ lain akan mulai tumbuh. Perkembangan janin minggu ke 5 terjadi pada otak bayi, sumsum tulang belakang, tulang punggung dan saraf akan terus tumbuh. Semakin lama semakin berkembang di lapisan atas yaitu lapisan ekstoderm. Pada lapisan atas ini akan tumbuh kulit, rambut, kuku, sekaligus susu dan kelenjar keringat. Pada fase ini enamel gigi juga mulai terbentuk. Sedangkan enamel gigi ini sangat penting karena merupakan bagian luar pada gigi.

perkembangan janin minggu ke 5

Lapisan Mesoderm

Pada lapisan mesoderm atau lapisan tengah, hati dan sistem peredaran darah mulai terbentuk. Hati yang masih sangat berukuran kecil mulai membelah. Ruang dalam hati mulai menyentak dan memompa darah. Otot-otot bayi akan mulai terbentuk, tulang rawan, rangka tulang dan subkutan mulai terbentuk secara perlahan. Subkutan adalah jaringan yang berada di bawah kulit.

Lapisan Endoderm

Pada lapisan endoderm akan membentuk rumah bagi paru-paru bayi. Usus, tiroid, hati dan pankreas mulai terbentuk. Plasenta dan tali pusat sederhana yang berfungsi untuk memberikan nutrisi dan oksigen untuk janin juga mulai bekerja.

Lihat perkembangan janin minggu ke 4

Normalnya perkembangan janin minggu ke 5 seperti diterangkan di atas. Bila terjadi sedikit perbedaan ini merupakan hal yang wajar. Makanan atau nutrisi yang diserap oleh janin sangat mempengaruhi perkembangan janin.

This post has already been read 5422 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>