Perkembangan Janin Minggu Ke 4

Ibu, memiliki janin didalam perut tentu membuat kita merasa senang. Saya ingat sekali, pada masa awal kehamilan saya banyak mencari tahu berbagai info kehamilan. Termasuk juga info tentang perkembangan janin dari minggu ke minggunya seperti apa. Semua informasi saya kumpulkan semata-mata sebagai satu upaya agar janin yang berada di dalam kandungan senantiasa sehat dan baik-baik saja.

Sedikit share mengenai perkembangan janin. Mungkn bisa berguna untuk para ibu dalam masa kehamilan trimester pertama.

Perkembangan janin minggu ke 4

Pada minggu ke 4 adalah periode embrionik. Periode ini berlangsung dari kehamilan minggu ke 4 hingga kehamilan minggu ke 10.

Seperti apa perkembangan janin minggu ke 4

Pada fase ini seluruh organ bayi yang ada dalam perut ibu akan mulai mengembang. Ukuran mulai membesar dibanding minggu-minggu sebelumnya. Beberapa organ mulai berfungsi. Maka dari itu usia janin minggu ke 4 termasuk rentan terhadap apa pun.

Diupayakan tidak ada gangguan seperti goncangan keras, kelelahan pada ibu hamil dan jangan sampai terjadi kekurangan asupan bergizi tentunya.Hindari hal-hal yang dapat mengganggu dan menghambat perkembangannya seperti asap rokok, polusi dan makanan yang berdampak membahayakan janin.

Seberapa besar janin pada minggu ke 4

Saat minggu ke 4 ukuran janin dalam perut Anda sebesar biji poppy. Janin tersebut terdiri dari lapisan epiblast dan hypoblast, lapisan yang menandakan dimulainya seluruh perkembangan organ bayi yang berada di rahim Anda.

perkembangan janin

Sel-sel yang tunneling ke dalam lapisan rahim Anda akan menciptakan ruang bagi darah mengalir sehingga plasenta berkembang dan akan dapat memberikan nutrisi dan oksigen ke bayi dalam rahim Anda. Pada saat bersamaan janin semakin tumbuh ketika organnya mulai berfungsi pada akhir minggu ke 4.

Kantung ketuban juga mulai ada, nantinya ini menjadi bantalan bagi janin ibu hamil. Kantung ketuban berisi cairan ketuban. Selain itu mulai ada kantung kuning telur, yang memproduksi sel-sel darah merah bayi Anda dan membantu memberikan nutrisi padanya sampai plasenta telah mengembangkan dan siap untuk mengambil alih tugas ini.

Perkembangan Janin Tiap Minggu

perkembangan janin

Setiap bayi berkembang dengan keadaan berbeda-beda. Tapi ini adalah gambaran perkembangan janin minggu ke 4 dalam keadaan normal dan semestinya. Bila ada keluhan pada usia kandungan 4 minggu, segeralah berkonsultasi. Jangan lupa selalu minum susu ibu hamil tahap awal saat usia kandungan 4 minggu. Ini sangat diperlukan untuk menutrisi janin di dalam rahim Anda.

This post has already been read 10799 times!

2 comments to Perkembangan Janin Minggu Ke 4

  • Perkembangan Janin Minggu Ke 5 | Hamil Pintar  says:

    […] Perkembangan Janin Minggu Ke 4 function forceUpdateSocialLinkz_908649588() { var arguments = { action: 'forceUpdateSocialLinkz', id:713 } //POST the data and append the results to the results div var ajaxurl2 = "http://hamilpintar.com/wp-admin/admin-ajax.php" ; jQuery.post(ajaxurl2, arguments, function(response) { // nothing }); } // We launch the callback if (window.attachEvent) {window.attachEvent('onload', forceUpdateSocialLinkz_908649588);} else if (window.addEventListener) {window.addEventListener('load', forceUpdateSocialLinkz_908649588, false);} else {document.addEventListener('load', forceUpdateSocialLinkz_908649588, false);} […]

  • Yunita  says:

    Perkembanagan janin pada minggu ke 4 mungkin lebih gampang mempersiapkan kedepannya karena sudah ada kepastian hamil. Hal yang berbeda dengan minggu pertama

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>