Penanganan Perut Terbentur Pada Ibu Hamil

Ibu, pada usia kehamilan 4 bulan kita akan melihat perubahan bentuk tubuh dibeberapa bagian seperti perut, dada, pinggul dan paha. Seiring bertambah waktu bagian perut akan mengalami perkembangan yang signifikan.

Setelah perut berubah bentuk jadi maju kedepan maka Ibu harus menjaganya dan lebih berhati-hati.Kita harus bisa melindungi kehamilan agar tidak terjadi kecelakaan saat hamil atau hal yang tidak diinginkan.

Kecelakaan kecil saat hamil yang sering terjadi adalah perut terbentur. Bentuk benturan sangat banyak seperti perut tersikut, perut terbentur sudut meja, bangku atau gagang pintu, tertabrak orang dengan keras dan terkena lemaran barang.

Bila usia kehamilan masih muda, bisa terjadi pendarahan yang mungkin membuat keguguran. Sementara pada usia kehamilan tua tetap memiliki resiko bila perut terbentur dengan keras. Kemungkinan yang terjadi adalah persalinan awal. Resiko terburuk perut terbentur pada usia kehamilan yang sudah tua adalah terjadi pelepasan plasenta bila ada memas atau bahkan pendarahan plasenta.

Penangan Perut Terbentur Pada Ibu Hamil

Lakukan hal ini setelah mengalami kecelakaan saat hamil.

Baringkan tubuh atau ciptakan posisi yang nyaman untuk Ibu dan janin. Ciptakan posisi untuk relaksasi tubuh. Usap perut yang tebentur dan menjalar ke seluruh bagian perut. Usap lembut dan rasakan detak dan gerakan janin.

Bila kehamilan sudah masuk trisemester 2, biasanya Ibu lebih mudah mendeteksi gerakan janinnya. Posisi atau perpindahan letak jadin bisa dirasakan lebih mudah.

Berbeda bila usia kehamilan masih dalam trisemester 1, segera pergi kebidan atau carilah pertolongan medis yang bisa membantu mendeteksi keadaan janin.

Segera periksa apakah Ibu engalami pendarahan atau tidak. Perhatikan apakah Iu merasakan kontraksi atau pecah ketuban. Pasca kecelakaan kecil saat hamil, bila merasakan sakit yang tidak biasa segera cek ke dokter kandungan.

Berbagai Sumber

This post has already been read 23912 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>