Ngeri, Keputihan Saat Hamil!

Keputihan saat tidak hamil saja terasa menggaggu, apa lagi keputihan saat hamil. Sebenarnya apa sih penyebab keputihan?

Keputihan bisa disebabkan berbagai macam. Belum tentu karena wanita tersebut jorok maka jadi keputihan. Kebanyakan penyebab keputihan saat hamil karena infeksi baik disebabkan oleh jamur atau bakteri. Pada ibu hamil juga lebih sering terjadi karena kondisi hormon dan kelembapan tubuh yang meningkat.

Disarankan setiap habis buang air untuk mengeringkan sekitar daerah kewanitaan untuk menjaga kelembapan. Gunakan handuk bersih yang diganti setiap hari atau tisyu lembut tanpa pengharum.

Artikel lain: Vagina Gatal Saat Ibu Hamil

Sebaiknya dikonsultasikan ke dokter kandungan dan tanyakan apakah keputihan ini akibat jamur atau bakteri. Biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan dengan melihat daerah vagina dan mengambil sampel pada keputihan tersebut untuk diperiksa jenis mikroorganismenya, apakah jamur atau bakteri.

Keputihan Saat Hamil

Untuk sebagian kasus, bila dinyatakan keputihan karena bakteri, dokter akan memberikan obat untuk menyeimbangkan hormon atau bila keputihan sudah parah dan ibu merasa gatal disekitar vagina makan akan diberikan obat antibiotik dengan takaran tertentu.

Apakah obat keputihan saat hamil semuanya sama?

Tingkat parah atau tidaknya keputihan saat hamil dan sebab keputihan menjadi indikator penentu obat yang diberikan oleh dokter. Pernah ada kejadian salah meminum obat bisa menyebabkan persalinan dini dan bayi lahir prematur, ngeri sekali kan! Jadi kasus keputihan antara ibu hamil yang satu dengan yang lain tidak bisa disamakan, obat antibiotik harus ditebus berdasarkan resep dan arahan dokter.

This post has already been read 6184 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>