Menghitung Masa Subur Bila Haid Tidak Teratur

Kita suka menghitung masa subur untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk berhubungan dengan suami. Bagi Ibu yang masa haidnya teratur tentu ini merupakan hal yang mudah. Malahan mungkin masa subur tidak perlu dihitung atau dikira-kira lagi karena sudah hafal dengan kalkulasinya.

Namun bagaimana bila haid tidak teratur? Ini bisa jadi hal yang menjengkelkan. Atau bagi Ibu yang memang menginginkan  kehamilan ini bisa jadi kendala. Sebenarnya Ibu hanya perlu mengetahui cara menghitung masa subur bila haid tidak teratur.

Berikut tips untuk menghitung masa subur dengan mudah jika yang siklus haid tidak teratur dalam 28 hari :

1. Catatlah jumlah hari dalam satu siklus haid selama 6 bulan atau 6 siklus. Satu siklus haid dihitung mulai dari hari pertama haid saat ini hingga hari pertama haid berikutnya.

2. Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18. Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11 Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur.

Rumus :
Hari pertama masa subur= Jumlah hari terpendek dikurang 18
Hari terakhir masa subur=  Jumlah hari terpanjang dikurang 11

Misalnya, Seorang istri mengalami menstruasi dengan masa siklus terpendek 26 hari dan siklus terpanjang 32 hari (mulai hari pertama haid sampai haid berikutnya).

Perhitungannya :
26 dikurang 18 = 8 dan 32, dikurang 11 = 21.
Jadi masa suburnya adalah mulai dari hari ke-8 hingga hari ke-21 dari hari pertama haid.

This post has already been read 7173 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>