Mengatasi Gangguan di Usia Kehamilan 8 Bulan

Masa kehamilan pastinya menjadi salah satu hal yang sangat dinantikan oleh semua pasangan. Perjuangan 9 bulan mengandung akan menjadi kenangan tersendiri bagi sang ibu khususnya. Di usia kehamilan 8 bulan kondisi tubuh sang ibu semakin mengalami penurunan. Rasa lelah akan mudah terasa meskipun tidak melakukan banyak aktivitas. Di usia kehamilan 8 bulan, berat badan janin sudah semakin meningkat. Sehingga kondisi tersebut membuat rahim semakin membesar. Kondisi perut yang terus mengalami pembesaran tersebut membuat organ tubuh lainnya terhimpit. Dari situlah masalah kelelahan muncul. Lalu bagaimana mengatasi masalah kelelahan tersebut?

Mengatasi Gangguan di Usia Kehamilan 8 Bulan

Kehamilan 8 Bulan

Kehamilan 8 Bulan

Di usi kehamilan 8 bulan, berat badan sang ibu akan mengalami peningkatan sebanyak 10 sampai 15 kilo lebih. Akibatnya beban tubuh akan semakin meningkat yang membuat tubuh terasa mudah letih meskipun tidak banyak melakukan aktivitas. Ada baiknya di usia kehamilan 8 bulan sang ibu banyak mengurangi aktivitas. Namun jangan lupa untuk tetap bergerak agar proses melahirkan nanti bisa lancar. Untuk mengatasi ganggunan di usia kehamilan 8 bulan, ada baiknya sang ibu mau melakukan beberapa trik di bawah ini:

Ubah Pola Makan

Jika sebelumnya makan terjadwal 3 kali sehari, ubahlah dengan lebih sering makan. Namun porsi makan dikurangi atau sedikit saja. Kombinasikan makanan yang baik untuk tubuh ibu hamil serta untuk perkembangan janin. Meskipun di usia kehamilan 8 bulan organ tubuh sang bayi sudah hampir sempurna, asupan makanan yang masuk ke dalam perut yang ibu haruslah diperhatikan Karena kondisi tubuh sang ibu sangat mudah drop.

Olahraga Ringan

Waktu melahirkan yang tinggal menunggu beberapa minggu lagi, memaksa sang ibu harus tetap bugar agar memudahkan dirinya ketika menghadapi waktu itu. Olahraga ringan bisa dilakukan dengan jalan-jalan pagi di sekitar rumah. Yoga atau renang juga bisa menjadi pilihan olahraga di usia kehamilan 8 bulan. Namun jangan terlalu memaksakan, jika lelah maka berhentilah dan istirahat.

seputar kehamilan 8 bulan

seputar kehamilan 8 bulan

Banyak Istirahat

Setelah olahraga ringan di pagi hari lalu sarapan dengan makanan sehat, sekarang waktunya mengistirahatkan badan. Pejamkan mata, angkat kaki lalu sandarkan ke tembok atau benda lainnya. Tenangkan pikiran ketika istirahat dan buanglah pikiran buruk karena bisanya akan menghantui mimpi sang ibu jika terus dipikirkan. Jika tips di atas sudah dilakukan namun kondisi ibu di usia kehamilan 8 bulan mashi saja mudah lelah, segera konsultasi dengan dokter kandungan agar mendapatkan penjelasan yang lebih lengkap.

This post has already been read 69726 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>