Mengapa Kehamilan Ektopik Bisa Terjadi?

Pernahkah Ibu mendengar istilah kehamilan ektopik? Ini cukup banyak terjadi. Kehamilan ektopik adalah kehamilan yang berkembang di luar rahim. Biasanya dalam salah satu saluran telur atau indung telur dan leher rahim.

Memang kasus kehamilan ektopik tidak sebanyak kasus lain pada ibu hamil, tapi ini juga dapat menyebabkan keguguran. Banyak faktor lain yang lebih banyak dikeluhkan oleh para ibu.
Kehamilan ektopik umumnya terjadi antara minggu keempat dan minggu kesepuluh kehamilan. Paling banyak terjadi pada minggu kelima sampai ketujuh kehamilan.

Penyebab paling utama adalah ketika saluran telur rusak sehingga terjadi penyempitan yang menghalangi telur sehingga gagal mencapai tujuan. Telur tertanam di dinding saluran telur.

Bila terjadi hal yang tidak semestinya seperti itu akan ada keluhan nyeri dan bisa mengakibatkan pendarahan. Jika ibu hamil tidak menyadari, saluran telur bisa pecah. Ini bisa berakibat pendarahan internal yang luar biasa. Hal ini termasuk dalam kedaruratan medis dan harus segera mendapat perawatan yang tepat.

Selalu konsultasikan kehamilan Ibu dari tahap paling awal. Persiapkan dengan baik dan matang. Persiapkan fisik dan mental dengan sebaik-baiknya akan membuat Ibu dan pasangan lebih tenang dalam masa kehamilan.

This post has already been read 3642 times!

One comment to Mengapa Kehamilan Ektopik Bisa Terjadi?

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>