Kok Kandungan Saya Lemah?

Banyak pasangan yang tertunda memiliki keturunan. Sebenarnya banyak sebabnya, salah satunya adalah kandungan lemah. Keadaan kandungan lemah pada seorang wanita bukan disebabkan karena makanannya atau apa yang ia lakukan hari ini. Bahayanya lagi kandungan lemah bisa menyebabkan keguguran pada janin. Jadi menarik untuk dibahas.

Penyebab Kandungan Lemah

“Dalam istilah medis kandungan lemah adalah adanya gangguan pada leher rahim (serviks) yang disebut dengan inkompetensi serviks. Rata-rata setiap usia kehamilan 4 bulan, ibu tersebut akan mengalami keguguran,” ujar Dr Med Damar Prasmusinto, SpOG saat dihubungi detikHealth.

Dr Damar menuturkan penyebab dari inkompetensi serviks adalah adanya ketidaknormalan atau kelemahan dari bentuk serviks. Seharusnya serviks belum terbuka saat usia kehamilan 4 bulan, tapi karena ketidaknormalan tersebut serviks mengalami pembukaan yang menyebabkan hasil pembuahan keluar dari rahim atau mengalami keguguran.

Penyebab dari keadaan serviks yang kurang baik ini adalah:

1. Akibat faktor bawaan atau keturunan

2. Proses kuret yang membuat trauma sehingga menghasilkan efek samping pelemahan serviks

3. Penyakit kolagen (di mulut rahim ada zat kolagen dan ini salah satu faktor risikonya)

4. Akibat adanya infeksi dari luar rahim.

Permasalahan kandungan lemah merupakan masalah yang sering dialami oleh ibu hamil yang memiliki banyak sekali kegiatan setiap harinya. Sebenarnya hal seperti ini juga bisa terjadi pada siapapun jika sang ibu melakukan gaya hidup yang salah dan tidak tahu cara menjaga kesehatan janinnya dengan baik.

Banyak sekali Ibu yang memiliki kandungan lemah pada akhirnya harus menerima kenyataan bahwa resiko keguguran menjadi lebih tinggi saat menjalani masa kehamilan. Penjagaan ekstra harus dilakukan untuk menyelamatkan janin dari keguguran.

Harapan sang ibu untuk memiliki bayi yang lucu juga akan sirna selamanya karena masalah ini. Lemah kandungan yang berakhir dengan keguguran tentunya sangat berbahaya bagi sang ibu karena ini akan bisa mengakibatkan rasa sakit yang sangat luar biasa, diikuti dengan adanya stress yang berlebih nantinya. Belum lagi, sang ibu akan mengalami trauma yang berkepanjangan karena masalah keguguran tersebut. Jaga kesehatan Anda sejak masih gadis, ketahui faktor yang menyebabkan kandungan lemah.

Berbagai Sumber

This post has already been read 13231 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>