Kehamilan Ektopik Terganggu

Kehamilan-Ektopik-Terganggu

Jika Anda sedang mempelajari tentang kandungan ektopik atau sedang mengalami kandungan yang seperti ini, Anda juga pasti familiar dengan suatu kondisi di mana terjadi kehamilan ektopik terganggu. Sebenarnya apakah yang dimaksud dengan kandungan ektopik dan bagaimana jika terjadi kelainan pada kandungan ektopik?

Apa Penyebab kehamilan ektopik terganggu?

kehamilan ektopik terganggu
gambar: kireikhayla.blogspot.com

Penyebab kehamilan ektopik terganggu adalah adanya hambatan yang terjadi pada perjalanan yang dialami oleh sel telur dari ovarium menuju rahim. Beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya kehamilan ektopik terganggu adalah:

1. Kelainan zigot atau kelainan kromosom
Hal ini paling sering terjadi dalam kehamilan ektopik terganggu, karena adanya berbagai zigot dan kromosom pada manusia membuat keanehan ini terjadi.

2. Kehamilan ektopik sebelumnya
Jika ada seorang ibu yang sebelumnya pernah mengalami kehamilan ektopik terganggu maka ada besar kemungkinan akan terjadi lagi.

3. Aborsi Buatan
Kasus pengguguran janin pada masa muda merupakan faktor lain terjadinya kehamilan ektopik terganggu karena bisa saja dalam proses aborsi terjadi kesalahan operasi atau kesalahan tindakan menangani apa saja selama aborsi berlangsung.

4. Infeksi saluran telur
Yang satu ini akan menjadi hal yang menyulitkan bagi calon ibu karena infeksi dalam saluran telur ini akan membuat sel telur mengalami kesulitan dalam prosesnya sehingga mengakibatkan kehamilan ektopik terganggu.

5. Terjadi adanya bekas radang yang terdapat di tuba
Radang ini menyebabkan kehamilan ektopik terganggu karena terjadi perubahan-perubahan pada endosalping yang menjadikan fertilisasi tidak berjalan dengan semestinya.

Apa yang dapat dilakukan dalam kasus kehamilan ektopik terganggu?

Jika ada saudara atau kenalan Anda yang mengalami kehamilan ektopik terganggu, hal-hal yang dapat ditempuh adalah sebagai berikut:

Deteksi secara diagnosis tentang keterlambatan menstruasi atau siklus menstruasi yang terganggu, rasa nyeri yang berlebihan saat menstruasi dan nyeri biasanya terletak di perut kanan bawah. Kadar nyeri tergantung pada darah yang terdapat dalam bentuk gumpalan yang terletak di sekitar luar rahim.

Periksakan keadaan rahim atau kandungan yang biasanya terjadi pembengkakan rahim, ada nyeri di perut bagian bawah dan bahkan saat tekanan dilepaskan. Biasanya juga terdapat tumor dalam kandungan.

Untuk lebih aman, ada baiknya langsung diperiksakan ke rumah sakit terdekat agar masalah kehamilan ektopik terganggu dapat segera ditangani sebelum terlambat dan semakin menjadi parah.

This post has already been read 1571 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>