Jatuh Tengkurap Saat Ibu Hamil

Jatuh tengkurap atau jatuh dengan posisi perut terbentur karena terlebih dulu mendarat di lantai sangatlah berbahaya. Kecelakaan saat hamil seperti ini bisa mengakibatkan persalinan awal bahkan keguguran.

Ada trauma yang terjadi pada fisik Ibu dan janin setelah mengalami jatuh tengkurap. Jatuh yang langsung mengenai rahim dapat mengenai rahim dapat menyebabkan plasenta terlepas.

Untuk kasus ringan pada jatuh tengkurap karena perut terbentur tidak terlalu keras biasanya dokter melakukan USG. Bila terlihat banyak plasenta yang terlepas, biasanya dokter akan melakukan persalinan awal agar janin dapat selamat.

Penanganan Jatuh Tengkurap Saat Ibu Hamil

Lakukan hal ini setelah mengalami kecelakaan saat hamil seperti jatuh tengkurap dan mengalami benturan pada perut.

Baringkan tubuh atau ciptakan posisi yang nyaman untuk Ibu dan janin. Ciptakan posisi untuk relaksasi tubuh. Usap perut yang tebentur dan menjalar ke seluruh bagian perut. Usap lembut dan rasakan detak dan gerakan janin.

Jika terjadi pendarahan spontan atau langsung setelah jatuh tengkurap segera minta pertolongan orang sekitar. Jatuh bisa membuat trauma otot pada ibu hamil yang bisa menyebabkan pendarahan. Hindari urut perut atau melakukan pijatan apapun.

Berbagai Sumber

This post has already been read 4644 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>