Ibu Hamil Perlu Waspadai Ini!

Seorang ibu hamil tentu saja diharuskan mengetahui banyak hal perihal kehamilan dan persalinan, memperhatikan dan banyak mempelajari tips kehamilan sehat, juga perlu mewaspadai gangguan apa saja yang akan terjadi atau dialami. Salah satu musuh ibu hamil yang perlu diwaspadai adalah emboli air ketuban. Emboli air ketuban ini disebut-sebut sebagai musuh dalam selimut bagi ibu hamil. Mengapa demikian?

Emboli air ketuban tidak jauh berbeda dengan emboli udara. Bedanya, emboli air ketuban ini merupakan proses masuknya cairan amnion beserta ‘rengrengannya’ ke dalam sirkulasi darah ibu. Adapun yang dimaksud dengan ‘rengrengan’ cairan amnion yaitu unsur-unsur yang terdapat di dalam air ketuban, seperti lapisan kulit janin yang lepas, lapisan lemak janin, rambut janin, dan cairan kental atau musin.

tips kehamilan sehat

Lalu adakah tips kehamilan sehat yang bisa mencegah terjadinya embolin air ketuban? Sayangnya jawaban dari pertanyaan tersebut adalah tidak ada, sebab embolin air ketuban merupakan gangguan yang tidak bisa diprediksi dan dicegah. Akan tetapi efek dari terjadinya gangguan embolin tersebut bisa dideteksi, diantara beberapa akibatnya yaitu Ibu akan mengalami gagal jantung, gagal nafas, cyanosis atau kebiruan, gangguan aliran darah, pendarahan hebat, bahkan koma.

Ciri-ciri ibu terkena gangguan ini biasanya ditandai dengan colaps, sianosis, sesak nafas berat yang kemudian diikuti dengan twitching, kejang, dan gagal jantung kanan akut dengan takikardia, edema paru, dan sputum berwarna kotor. Kejadian ini biasanya berlangsung paling sebentar 30 menit dan paling lama hingga 48 jam. Sayang sekali, meskipun sebagian besar bayi bisa diselamatkan ketika sang ibu berjuang keras melawan gangguan ini, sang ibu sendiri didiagnosis tidak akan bisa hidup lebih lama.

tips kehamilan sehat

Emboli ketuban memang dinilai sangat mengerikan mengingat gangguan tersebut tdiak bisa diprediksi dan tidak bisa dicegah. Akan tetapi, jangan khawatir, Ibu tetap bisa mengetahui apa saja faktor yang menyebabkan seseorang mengalami risiko terkena emboli air ketuban. Beberapa faktor risiko tersebut adalah melahirkan dengan caesar, persalinan dengan induksi, usia ibu yang sudah tua, kematian janin dalam kandungan, kontraksi yang terlalu kuat, robeknya rahim, adanya infeksi pada selaput ketuban, bayi besar, pendarahan, dan gawat janin. Nah, para ibu harus memperhatikan faktor risiko terkena emboli air ketuban tersebut, sehingga sangat disarankan untuk terus mencari tahu tips kehamilan sehat.

Tetaplah perhatikan tips kehamilan sehat agar Ibu dan buah hati ibu bisa selamat dalam persalinan. Perbanyak minum vitamin dan air putih juga makan sayur dan buah-buahan. Selain itu, Ibu juga sangat disarankan untuk senam hamil dan istirahat yang teratur. Berikan yang terbaik untuk buah hati Ibu dan pikirkan juga kesehatan Ibu. Ibu harus terlatih kuat ketika mengalami masa persalinan karena keselamatan Ibu dan buah hati adalah segalanya bagi seorang suami.

This post has already been read 1572 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>