Hamil atau tidak? Cek tanda-tanda kehamilan pasti ini

Menanti kehadiran sang buah hati adalah salah satu yang dinantikan semua pasangan.  Apalagi bila yang dinanti adalah kehadiran buah hati pertama ataupun untuk mereka pasangan yang sudah menanti sejak lama akan hadirnya buah hati.

Untuk mengetahui hamil atau tidaknya seseorang dapat dilakukan melalui pemeriksaan fisik terlebih dahulu.  Karena pada umumnya seorang ibu yang tengah hamil memiliki perubahan fisik yang cukup signifikan dari hari-hari biasa.

Ini terjadi karena adanya perubahan hormon pada ibu hamil.  Pemeriksaan fisik  ini dapat membantu Anda untuk mendeteksi ada tidaknya keberadaan janin di dalam rahim anda.  Untuk itu, bila Anda ingin mengetahuinya, Anda dapat melakukan pemeriksaan perubahan fisik sebagai tanda-tanda kehamilan pasti seperti berikut ini:

Tanda-tanda awal kehamilan

  • Tidak kunjung datang haid

Datangnya haid adalah salah satu hal yang perlu dicermati untuk setiap wanita.  Bila Anda merasakan haid Anda tidak kunjung datang atau terlambat, maka bisa jadi ini adalah gejala awal bahwa Anda tengah mengandung. Biasanya, keterlambatan haid adalah salah satu tanda-tanda kehamilan pasti. Itulah pentingnya untuk mencatat siklus haid atau tanggal Anda mengawali haid untuk memudahkan Anda menghitung berapa lama Anda telah terlambat haid serta menghitung usia janin yang Anda kandung.

tanda-tanda kehamilan, tanda-tanda kehamilan pasti,

  • Payudara tegang dan membesar

Salah satu tanda-tanda kehamilan pasti yang lainnya adalah adanya perubahan pada payudara.  Biasanya diawal kehamilan, payudara akan terasa sedikit tegang dan ukurannyapun semakin membesar dari biasanya.  Bahkan tidak sedikit pula banyak wanita yang merasa payudaranya mengeras dan terasa sangat nyeri sekali.  Selain itu, adanya perubahan warna puting yang semakin gelap.  Bila Anda merasakan perubahan seperti diatas, bisa jadi Anda saat ini tengah hamil.

  • Sering mual dan buang air kecil

Sering mual dan buang air kecil adalah tanda-tanda kehamilan pasti yang ketiga.  Peningkatan hormon HCG (Human Chorionic Gonadotropin) dapat menyebabkan sebagian wanita hamil sering merasa mual.  Biasanya, rasa mual masih akan sering terjadi hingga pada trimester kedua.  Selain itu, frekuensi buang air kecil Anda akan lebih sering dari biasanya.

Itulah beberapa tanda-tanda kehamilan pasti yang dapat Anda jadikan acuan untuk mengetahui Anda sedang hamil atau tidak.  Untuk memastikan lebih lanjut, Anda dapat melakukan testpack pada urin.  Bila hasilnya 1 strip, maka Anda tidak sedang hamil, namun bila hasilnya 2 strip kemungkinan besar Anda sedang hamil.

tanda-tanda kehamilan, tanda-tanda kehamilan pasti,

Namun, bila Anda masih merasa ragu, alternatif selanjutnya adalah memeriksakan diri pada dokter atau bidan terdekat. Kehamilan adalah suatu anugrah terbesar yang diberikan oleh Tuhan kepada setiap pasangan yang telah menikah. Alangkah baiknya bila Anda menjaga kehamilan dengan baik dan menjalaninya dengan senang. Semoga informasi tadi bermanfaat untuk anda.

This post has already been read 2265 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>