Ciri-Ciri Ibu Hamil

ciri-ciri ibu hamil

Mengetahui ciri-ciri ibu hamil pastinya dibutuhkan oleh para wanita dan juga pria. Apalagi bagi pasangan yang baru menikah dan berencana memiliki momongan segera, pastinya ciri-ciri ibu hamil sangatlah dinantikan. Mengetahui ciri-ciri ibu hamil juga bisa mempersiapkan diri lebih dini agar tidak terjadi masalah dengan janin karena kebanyakan masalah keguguran terjadi akibat tidak tahunya seorang wanita bahwa dirinya hamil. Karena ketidak tahuan itu, wanita melakukan aktivitas seperti biasa yang kadang membahayakan janinnya.

Ciri-Ciri Ibu Hamil Secara Umum

hamilpintar-ciri-ciri ibu hamil

Ciri-ciri ibu hamil bisa menjadi tanda awal bahwa tubuh akan mengalami perubahan karena mempersiapkan diri akan tumbuhnya janin di dalam perut. Kadang beberaa wanita tidak menyadari ciri-ciri ibu hamil sehingga tidak sadar dia hamil sampai beberapa bulan kemudian. Untuk itulah para pasangan yang sedang melakukan program untuk mendapatkan momongan harus mengerti ciri-ciri ibu hamil itu.

Ciri-ciri ibu hamil yang sering dirasakan oleh wanita meliputi beberapa hal. Yang pertama rasa mual yang timbul di pagi hari. Tanda awal yang paling sering dijumpai pada ibu hamil muda itu biasa disebut dengan morning sickness. Rasa mual itu biasanya hanya dirasakan pada pagi hari ketika bangun tidur, namun ada beberapa wanita yang merasakannya sepanjang hari. Rasa mual itu akan hilang setelah usai kandungan di atas 3 bulan.

Tubuh akan lebih mudah lelah juga menjadi ciri-ciri ibu hamil. Kelelahan yang terjadi akan membuat tubuh mudah drop dan tidak seperti biasanya. Rasa mudah lelah itu akan terasa sampai minggu ke-12 di mana plasenta mulai terbentuk hingga sempurna.

Terlambat haid menjadi pertanda yang paling mudah dirasakan oleh wanita. Ketika telur sudah dibuahi, maka otomatis tamu bulanan akan berhenti total. Namun terlambatnya haid tidak bisa menjadi tolak ukur karena bisa saja terjadi akibat stress yang melanda.

Perubahan beberapa bagian tubuh terutama payudara. Ketika janin mulai berkembang, tubuh juga mempersiapkan diri untuk menyambutnya. Bagian payudara merupakan salah satu anggota tubuh yang mengalami perubahan. Payudara akan mengalami perubahan ukuran. Perubahan itu terjadi akibat tubuh akan mempersiapkan diri untuk memproduksi ASI. Biasanya perubahan itu akan membuat payudara terasa kesemutan. Bagian areola juga mengalami pelebaran warna hitam. Hal itu diakibatkan dari persiapan tubuh untuk menyambut kelahiran sang janin kelak.

Itulah ciri-ciri ibu hamil yang umum terjadi pada saat awal kehamilan. Cermati dengan baik agar sang janin dan ibu bisa selamat dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

This post has already been read 1043 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>