Cara Mengatasi Wasir dan Sembelit Untuk Ibu Hamil

Ibu hamil biasanya memiliki banyak keluhan. Mulai dari keluhan sakit pinggang, kaki bengkak, wasir, sembelit dan lainnya. Semua keluhan tersebut adalah hal yang umum dan wajar saja. Wasir pada Ibu hamil biasanya mengakibatkan Ibu hamil sembelit, begitupula sebaliknya.

Penyebab sembelit atau kontipasi ini biasanya karena perubahan hormon. Ibu hamil yang kurang mengkonsumsi serat, sayuran, buah-buahan dan kurang minum beresiko mengalami gangguan sembelit dan susah BAB. Saat Ibu hamil susah BAB karena sembelit, maka si Ibu akan BAB sambil mengedan dengan keras. Padahal mengedan terus-menerus saat susah BAB bisa merangsang timbulnya wasir. Selain itu mengedan terus-menerus juga bisa menyebabkan luka dan berdarah.

Trauma akan rasa sakit saat BAB ini akan membuat Ibu hamil takut buang air. Padahal kotoran yang tersimpan lama akan menyerap kadar air di usus besar. Akhirnya kotoran akan semakin keras dan susah dikeluarkan. Proses BAB semakin sulit. Maka Ibu hamil jadi mudah mengalami kontipasi/sembelit dan pada akhirnya menjadi wasir.

Cara Mengatasi Wasir

Pada Hemoroid Interna (wasir dalam) ataupun Eksterna (wasir luar), tidak perlu dilakukan pengobatan. Biasanya wasir akan mengecil dan menghilang pasca melahirkan. Bila ada keluhan khusus, dokter akan memberikan obat oral atau salep untuk mengecilkan ukuran wasir. Bila terasa sakit sekali saat wasit akut, segera konsultasikan pada dokter kandungan Ibu. Bila wasir sudah terlalu parah, dokter akan memasukkan obat melalui bagian belakang untuk mengecilkan pembuluh vena yang membesar. Proses ini dinamakan sklerosing yang bisa mengecilkan dan meredakan wasir.
Cara-Mengatasi-Wasir-dan-Sembelit-Untuk-Ibu-Hamil
Cara Mengatasi Sembelit

Obat pelunak tinja yang digunakan hanya dibagian luar seperti obat oleh cukup aman untuk digunakan. Obat pencahar justru tidak dianjurkan. Sebaiknya banyak mengkonsumsi makanan berserat sepeti sayuran hijau segar dan buah-buahan segar.

Jika pemakaian obat pelunak tinja tidak berhasil, segera kerumah sakit dan konsultasi dengan dokter kandungan Ibu untuk segera dilakukan tindakan klisma. Tindakan klisma adalah memasukkan cairan ke dalam anus, untuk melunakkan tinja yang ada sehingga bisa segera dikeluarkan dengan mudah. Biasanya sebelum proses persalinan juga diberikan tindakan klisma agar saat mengedan di proses persalinan, anak tidak keluar bersama kotoran.

Ketahui tips cara pencegahan sembelit atau kontipasi saat hamil.

This post has already been read 15864 times!

One comment to Cara Mengatasi Wasir dan Sembelit Untuk Ibu Hamil

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>