Atasi Sakit Punggung ketika Hamil Tua

84. Atasi Sakit Punggung ketika Hamil Tua

Ketika perut Anda mulai membesar di masa tua kehamilan, membuat punggung terasa nyeri. Punggung akan berasa lebih berat karena adanya peningkatan berat badan, postur tubuh, dan perubahan hormon. Namun seperti yang dilansir webmd, terdapat hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk meminimalisir sakit punggung tersebut.

Latihan

Olahraga degan rutin sebelum melahirkan bisa membuat otot menjadi kuat serta meningkatkan fleksibilitas. Hal ini bisa mengurangi tekanan pada tulang belakang. Latihan yang aman biasanya berenang, berjalan, atau bersepeda.

Kompres panas dan dingin

Anda bisa coba mengompres dengan air dingin ke bagian punggung. Lalu esokannya bisa beralih dengan air panas. Anda juga bisa menggunakan bantal pemanas. Namun Anda harus berhati-hati agar tidak menaruh kompresan air panas tersebut ke perut.

sakit punggung, punggung, hamil, kehamilan, masa hamil

Konseling

Kalau sakit punggung yang Anda rasakan karena stres, konsultasi lah ke orang-orang yang sudah berpengalaman atau ke konselor yang dapat membantu.

Memperbaiki postur tubuh

Ketika Anda duduk atau tidur, gunakanlah postur tubuh yang tepat. Misalnya ketika duduk, Anda bisa taruh bantal kecil di belakang punggung. Dan ketika tidur taruhlah bantal di perut dan di antara lutut untuk menghilangan tekanan pada punggung.

Chiropractic

Chiropractic bisa Anda lakukan dengan benar untuk menghilangan nyeri tulang belakang saat masa kehamilan. Namun berkonsultasilah pada dokter, sebelum Anda mencoba perawatan ini.

Dari beberapa tips di atas semoga Anda bisa meyiasati untuk meminimalkan rasa sakit punggung saat Anda hamil.

sakit punggung, punggung, hamil, kehamilan, masa hamil

This post has already been read 791 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>