Asupan Sehat Ibu Hamil

eating-well

Memilih asupan sehat ibu hamil untuk dikonsumsi tentu menjadi hal yang sangat penting supaya kesehatan ibu dan janinnya tetap terjaga. Apalagi pada ibu yang usia kehamilannya masih ada di trimester pertama. Pasalnya, pada usia tersebut, kehamilan akan sangat rentan mengalami keguguran. Selain itu, biasanya ibu hamil pada trimester pertama akan cenderung kehilangan nafsu makan karna sering mengalami mual hingga muntah, yang biasa disebut dengan morning sickness, sehingga asupan gizi yang dibutuhkan tidak mencukupi. Padahal menjaga asupan makanan juga baik untuk menunjang perkembangan janin yang ada di dalam rahim.

Untuk menghindari keguguran atau bayi lahir tidak sehat, Anda yang sedang hamil harus menjaga kesehatan tubuh dan janin Anda dengan konsumsi beberapa asupan sehat ibu hamil di bawah ini.

Buah-Buahan dan Sayuran

Konsumsi buah dan sayuran memang sudah terbukti bisa menjaga kesehatan tubuh termasuk untuk ibu hamil di trimester pertama. Kandungan vitamin C pada buah-buahan dapat meningkatan daya tahan tubuh ibu hamil agar terhindar dari berbagai infeksi atau penyakit lainnya. Kemudian, kandungan berbagai vitamin, asam folat, hingga zat besi dalam sayuran hijau juga dapat menunjang kesehatan tubuh ibu hamil agar tetap fit.

Daging Tanpa Lemak

Daging tanpa lemak adalah salah satu makanan yang mengandung banyak protein sehingga dapat menguatkan janin di dalam rahim. Namun, dalam mengonsumsi daging ini tetap perlu berhati-hati, apalagi bagi ibu hamil yang menderita tekanan darah tinggi.

Ikan Sebagai Menu Pelengkap Nutrisi Bagi Ibu Hamil

Susu

Susu adalah salah satu asupan sehat tambahan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Nutrisi yang ada dalam susu seperti protein, vitamin, kalsium, zat besi, asam folat, dan mineral, tidak hanya baik untuk ibu hamil, tapi juga baik untuk pertumbuhan dan perkembangan janin yang ada di dalam rahim.

Air Putih dan Vitamin

Kehamilan, biasanya sering membuat tubuh menjadi cepat kelelahan dan dehidrasi. Untuk itu, ibu hamil disarankan memenuhi kebutuhan mineral dari air putih dan vitamin agar tetap fit dan tidak mudah lelah. Selain itu, air putih juga ampuh untuk mengatasi mual dan muntah yang dialami oleh ibu hamil.

forbidden-foods-during-pregnancy

This post has already been read 852 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>