Apakah Heartburn Membahayakan Kehamilan?

Seperti biasa, dipagi hari biasanya tugas seorang ibu sangat padat. Merapikan rumah, menyiapkan kebutuhan suami sebelum berangkat ke kantor dan menyiapkan anak untuk berangkat ke sekolah. Lalu bagaimana bila ini tetap dihadapi meski Ibu sedang hamil?

Pernahkah Ibu merasakan saat merapikan rumah, ada serangan rasa panas yang sangat hebat di dada. Sangking panas Ibu merasa sulit beraktifitas sesaat dan inilah yang sering disebut dengan istilah heartburn.

Penyebab Heartburn

Penyebab terjadinya heartburn karena makanan yang sudah berada di dalam lambung, terdesak ke arah kerongkongan akibat dorongan dari rahim yang sudah semakin besar. Sehingga, timbul iritasi pada dinding kerongkongan akibat makanan yang sudah bercampur dengan asam lambung.

 heartburn

Mungkin Ibu bisa mencoba 3 tips menghadapi heartburn berikut agar merasa lebih nyaman

1. Saat hamil semakin besar ada baiknya ibu makan dalam jumlah sedikit tapi sering. Makan 5-6 kali dalam sehari tidak menjadi masalah, yang penting setiap kali makan porsinya tidak terlalu besar. Sehingga lambung tidak kaget dan dapat mencerna secara perlahan.

Pilihlah makanan yang ramah untuk tubuh, hindari makanan yang kaya akan kandungan lemak dan berbumbu tajam termasuk menu yang menggunakan santan dan minuman bersoda. Ini sangat memancing untuk terjadinya heartburn.

3. Saat hamil, sehabis makan kita jadi sangat mudah mengantuk. tahan rasa kantuk dengan melihat televisi atau mungkin bernyanyi. Bisa juga Ibu coba latihan bernafas. Lupakan langsung berbaring setelah makan. Tunggu sekitar satu jam. Ibu bisa berjalan-jalan ringan untuk menunggu waktu dan melancarkan pencernaan yang baru saja diisi.

3. Saat terserang heartburn dan Ibu tidak bisa menghindari hal ini, segeralah mengambil posisi berbaring dengan dada dan kepala lebih tinggi dari bagian perut. Jangan memancing untuk sendawa dengan sengaja. Ganjal punggung menggunakan bantal kecil agar terasa lebih nyaman. Ini adalah posisi yang aman agar menghambat asam lambung masuk ke kerongkongan.

Heartburn bisa terjadi pada orang yang sedang atau tidak sedang hamil. heartburn tidak membahayakan kehamilan, tapi bila ini terjadi tangani dengan tepat. Usahakan Ibu cepat merasa aman. Hanya dikhawatirkan terjadi kontraksi dadakan bagi kehamilan yang sudah tua.

Baca Juga:

Waktu Tidur Bayi Yang Tepat Sesuai Umurnya

Kenapa Ibu Menyusui Harus Punya Nurcing Cover?

Perkembangan Janin Minggu Ke 7

Apa Itu Neural Tube Defects Pada Janin?

Perhatikan Perkembangan Bayi Usia O-6 Bulan

This post has already been read 2102 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>