Apa Penyebab Ibu Hamil Keguguran?

Keguguran adalah kehilangan bayi yang ibu kandung dalam 24 minggu pertama. Banyak factor yang dapat menyebabkan terjadinya keguguran pada ibu hamil. Sekitar 98 persen kasus keguguran terjadi dalam 13 minggu pertama.

Apa sebab ibu hamil bisa keguguran?
Para Dokter sulit mengemukakan secara pasti, penyebab keguguran dini. Numun, kasus terbanyak karena janin yang abnormal  cenderung mengalami keguguran.
1. Kelainan kromosom yang membuat bayi tidak bisa berkembang secara normal. Ini hal yang umum terjadi di trisemester pertama.
2. Ada juga kasus keguguran lanjutan yang terjadi setelah 20 minggu. Hal ini bisa disebabkan infeksi atau kelainan pada rahim atau plasenta.
3. Keguguran juga mungkin terjadi karena leher rahim yang kurang kuat untuk menjaga rahim tetap tertutup hingga tiba waktunya bayi siap dilahirkan.
4. Adanya penyakit di dalam rahim ibu seperti tumor, miom, kista atau kanker. Benjolan penyakit seperti ini bisa mengalahkan atau menekan posisi janin.
5. Tanpa disadari ibu juga bisa menjadi pencetus keguguran saat hamil. Pola hidup ibu yang keras dan sangat aktif sangat berpengaruh pada masa kehamilan. Selain karena terlalu lelah bekerja juga bisa disebabkan ibu hamil yang buruk seperti mengkonsumsi narkoba atau alkohol.
6. Infeksi kuman atau virus berbahaya. Ibu hamil yang terkena toxoplasma, herpes, Rubella, CMV, Hepatitis, HIV atau penyakit berbahaya lainnya.

Menurut ahlinya, DR Maggie Blott sebagai Konsultan Obstetri mengemukakan ibu hamil yang mengalami keguguran banyak disebabkan oleh kehamilan etopik. Bila mengalami hal seperti ini, ibu dan jani perlu mendapat perawatan medis yang serius.

This post has already been read 6086 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>