10 Tanda-tanda Awal Kehamilan Selain Terlambat Haid (Part 2)

10 Tanda-tanda Awal Kehamilan Selain Terlambat Haid (Part 1)

5. Sakit kepala atau pening

Biasanya Anda jarang mengeluh dan tiba-tiba sering ada keluhan sakit kepala atau pening. Bila merasa terpaksa perlu meminum obat pereda sakit kepala, pilih yang mengandung acetaminophen. Ini lebih aman untuk kehamilan dibanding ibuprofen. Atau lebih baik konsultasikan kepada dokter kandungan terlebih dulu.

6. Menolak atau sangat ingin makanan tertentu (ngidam)

Tiba-tiba Anda menginginkan makanan tertentu, rasanya benar-benar kepingin. Bila melihat orang lain makan makanan tersebut bisa membuat Anda ngiler. Padahal sebelumnya mungkin itu bukan makanan favorit Anda. Atau mungkin sebaliknya, Anda tiba-tiba menolak makanan yang selama ini jadi kegemaran Anda. Sebenarnya ini terjadi secara alami, ada pengaruh hormonal.

Mungkin makanan kegemaran Anda memiliki aroma yang khas sehingga bisa memancing rasa mual sehingga Anda menolaknya. Sebaliknya mungkin tubuh Anda sedang membutuhkan gizi yang ada dalam makanan tertentu sehingga Anda tanpa sadar merasa sangat ingin makanan tersebut dan disebut ngidam.

7. Sakit dan nyeri punggung

Biasanya tidak punya masalah dengan sakit dan nyeri punggung. Tiba-tiba punggung bagian bawah terasa nyeridan pegal-pegal. Ini adalah hal yang akan ibu hamil rasakan hingga masa melahirkan tiba. Semakin besar kandungan, maka tulang punggung akan semakin terdorong dan ini terjadi secara perlahan dari hari ke hari.

8. Perubahan mood

Mood susah dikendalikan. Anda mudah marah, sedih, senang, terharu dan merasa tidak sabaran. Diantara banyak hal yang terjadi, emosi Anda akan mudah berubah dan bisa berbalik dalam waktu yang cepat.

9. Lebih peka dengan bau dan aroma tertentu

Bisa jadi Anda tidak tahan dengan aroma tertentu seperti parfum suami atau pewangi pakaian yang biasa dipakai. Anda juga bisa lebih peka pada bau tidak sedap seperti bau masakan atau bau sampah yang bisa membuat Anda lebih cepat mual.

10. Pingsan

Mungkin seumur hidup Anda belum pernah mengalami pingsan. Pada tanda-tanda awal kehamilan bisa juga Anda merasa pusing dan seperti melayang kemudia terasa dingin dan berakhir pingsan. Bila ini terjadi, segera periksakan tekanan darah Anda ke dokter kandungan.

Bisa jadi Anda memerlukan Vitamin penambah darah atau makanan lain untuk menutrisi Anda selama masa awal kehamilan. Saat hamil biasakan meminum jus buah segar. Anda bisa mengatur menu harian sesuai kebutuhan tubuh Anda agar tidak merasa cepat bosan. Setelah mengetahui tanda-tanda awal kehamilan, Anda juga bisa melengkapi nutrisi ibu hamil dengan meminum susu PRENAGEN.

Baca Juga: Manfaat Membiasakan Minum Jus Saat Hamil

This post has already been read 5236 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>