Tips Perawatan Bayi Berusia 4 Bulan

Bagi setiap orang khususnya seorang wanita pasti sangat mendambakan sosok seorang bayi mungil dalam keluarga mereka. Mungkin bagi Anda yang baru saja menikah dan mempunyai bayi, sangat perlu diperhatikan bagaimana caranya perawatan bayi.

Cara merawat bayi yang berumur 4 bulan tentu harus sangat hati-hati dan tidak boleh sembarangan, karena kulit bayi pada umur segitu masih sangat sensitif. Pertama yang harus Anda perhatikan adalah hindari memberikan makanan padat pada bayi yang baru berumur 4 bulan. Para ibu disarankan untuk memberikan ASI sampai bayi berumur 6 bulan. Karena sistem pencernaan bayi belum sempurna maka dikhawatirkan akan menyebabkan kembung, diare atau alergi lainnya jika bayi diberikan makanan padat.

perawatan bayi

Menurut survey ternyata bayi mempunyai peluang yang besar juga untuk terkena penyakit diabetes atau bahkan obesitas. Maka dari itu memperhatikan perawatan bayi sangatlah penting bagi para ibu. Mulai dari menjaga pola makan si bayi, jangan dibiasakan si bayi untuk makan dengan porsi yang sangat banyak. Hal itu bisa memicu badan bayi untuk bertumbuh semakin besar apalagi mamaksakan bayi untuk makan makanan padat pada umur yang belum pas. Oleh karena itu ASI merupakan makanan utama bagi bayi sampai berusia 6 bulan.

Jika anak Anda sudah memasuki umur 6 bulan, pastikan terlebuh dahulu apakah si bayi sudah siap untuk menerima makanan padat. Hal itu bisa dilihat dari apakah si bayi sudah dapat menopang kepala dan lehernya dan dapat duduk tegak dengan disangga.

perawatan bayi

Lebih amannya konsultasikanlah tentang perawatan bayi pada dokter anak anda. Apabila anak Anda sudah siap mencerna makanan padat, berikanlah bubur susu yang encer sebagai makanan padat pertamanya atau bisa juga buah-buahan yang dihaluskan.

Melakukan perawatan bayi dengan baik dan benar sangat mempengaruhi pertumbuhannya untuk ke tahap-tahap berikutnya. Jangan sampai nanti bayi Anda memiliki penyakit yang tidak diinginkan sejak dini. Perawatan bayi tidak hanya sekedar makanan yang harus dikonsumsi, namun juga perhatian secara emosional.

Ajarkanlah bayi Anda sejak dini untuk mengekplorasi segala sesuatu, ceritakan cerita dongeng, berikan perlindungan yang aman serta Anda juga bisa memberikan pijitan pada si bayi. Memijat bayi bisa berguna untuk menambah berat badan dan juga menghilangkan stress pada bayi.

perawatan bayi

This post has already been read 1013 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>