Tanda Lahir Pada Bayi

Setiap ibu hamil pasti tak sabar ingin mengetahui seperti apakah rupa bayinya saat lahir. Setelah bayi lahir pasti sang ibu dan ayah akan menimbang-nimbang bagian wajah atau tubuh yang manakah yang persis seperti orangtuanya.

Tapi kadang ada sebagian bayi memiliki tanda aneh di kulitnya. Bila bayi Ibu memiliki tanda aneh, jangan kuatir, kenali tanda tersebut baru kemudian Ibu bisa mengetahui tanda apakah itu.

Ada beberapa tanda aneh di kulit dan sebenarnya ini merupakan tanda lahir yang tidak berbahaya. Banyak bayi terlahir dengan tanda merah terutama di kelopak mata, kening, pipi atau tengkuk. Beberapa tanda yang perlu Ibu ketahui:

1. Tanda berbentuk persis paruh burung bangau disebabkan oleh pembesaran pembuluh darah kecil dan biasanya hilang dalam beberapa hari.
2. Bintik biru mongolia, ini adalah tanda yg ada pada bayi berkulit gelap, biasanya terjadi karena pigmentasi yang tidak merata. Tanda ini tidak berbahaya dan akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa waktu.
3. Tanda berbentuk stroberi yang ada pada kulit dan mungkin tersebar secara acak saat bayi baru lahir. Tanda ini akan bertahan selama beberapa bulan setelah bayi dilahirkan. Walaupun kurang enak dilihat, tanda merah ini akan menipis dan menghilang dalam hitungan bulan. Ibu tidak perlu menghawatirkannya karena tanda lahir ini tidak memerlukan perawatan medis.

Saat bayi berusia setahun, selalu cek setiap bagian tubuhnya. Pastikan tanda lahir tersebut sudah hilang tidak berbekas. Bila Ibu menemukan tanda lahir yang semakin membesar serta dirasa mengganggu, sebaiknya segera periksakan ke dokter anak.

This post has already been read 1187 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>