Pup Bayi Pertama Kali Saat Baru Lahir

Saat bayi baru lahir yang ditunggu orangtua untuk pertama kali adalah suara tangisnya. Selama beberapa jam pertama setelah bayi baru lahir biasanya dokter atau bidan akan melakukan pemantauan. Termasuk pup bayi pertama kali.

Pada hari pertama bayi baru lahir, bayi akan pup atau mengeluarkan kotoran yang biasa kita sebut buang air besar. Bayi juga akan sangat sering buang air kecil pada 3 hari pertama, jadi  bila menghadapi hal ini tenang saja karena itu pertanda bayi sehat.

Kotoran atau pup bayi pertama kali biasanya berwarna hitam dan kehijauan. Pup bayi pertama kali memiliki sebutan “mekonium”. Pup bayi pertama kali ini terbentuk dari cairan ketuban yang pernah tertelan selama bayi masih berada di dalam kandungan. Tepatnya selama 3 bulan sebelum bayi dilahirkan.

Relate: Beri Bayi ASI Setelah Proses Persalinan

Mekonium akan terangsang untuk keluar setelah bayi mendapat asupan seperti ASI pertama. Bagi bayi yang tidak langsung minum ASI karena produksi ASI ibunya bermasalah kadang diberikan susu formula untuk sementara waktu. Asupan ini akan merangsang sistem pencernaan sehingga organ pencernaan bayi mulai bekerja dengan semestinya.

Pup bayi baru lahir warna dan bentuknya berubah-ubah

Hanya sekali atau dua kali saja pup bayi yang berwarna hitam agak kehijauan. Setelah mekonium tersebut keluar pup bayi baru lahir akan berubah menjadi coklat kekuningan. Ini merupakan kotoran yang bercampur antara mekonium dengan ASI pertama.

Pup bayi berwarna kuning terang dan berbiji adalah perubahan bentuk setelah bayi minum ASI secara teratur. Ini terjadi  biasanya setelah minggu pertama. Baunya agak asam dan ini wajar.

Pup bayi baru lahir berwarna kuning kecoklatan dan berbentuk agak padat biasanya terjadi setelah bayi meminum susu formula secara rutin.

Pup yang menandakan bayi sedang sakit

Pup bayi baru lahir yang berbentuk bulatan kecil dan keras, berwarna coklat, coklat tua atau kehitaman menandakan anak sedang sembelit. Bukan masuk angin, tapi anak susah buang air besar. Disarankan Ibu mengkonsumsi sayuran berserat bila bayi hanya mengkonsumsi ASI. Bila bayi sudah diberikan susu formula, disarankan lebih banyak porsi ASI yang diberikan dari biasanya.

Pup bayi berwarna kuning kehijauan, tanpa ampas, cair biasanya menandakan bayi sedang diare. Kadang terlihat berbusa. Bisa disebabkan perut kembung. Bila suhu tubuh bayi tinggi kemungkinan mengalami infeksi karena bakteri atau virus. Segera periksakan ke dokter.

Kalau tiba-tiba warna dan bentuk pup bayi baru lahir berubah seperti tanda-tanda sakit di atas sebaiknya Ibu cepat tanggap. Bayi tidak dapat mengutarakan apa yang mereka rasakan kecuali dengan menangis. Pengalaman dari anak pertama saya saat bayi, dia tidak menangis saat diare dan ini lebih sulit. Kita bisa mencirikan jenis penyakit berdasarkan bentuk dan warna pup bayi saja.

Beri bayi ASI yang cukup. Ibu harus memilih makanan bergizi agar kulaitas Asi lancar dan produksi ASI bagus.

Artikel Lain :

Tips Perawatan Bayi

Beri Bayi ASI Bukan Yang Lain

This post has already been read 2840 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>