Permainan untuk Melatih Kemampuan Penglihatan Bayi

Siapa bilang mengajak bayi bermain tidak ada manfaatnya? Ini dia permainan untuk melatih kemampuan penglihatan bayi. Nama permainan untuk melatih kemampuan penglihatan bayi ini adalah falshcard berwarna hitam dan putih. Tidak memerlukan banyak peralatan dan mudah untuk menyiapkannya sendiri.

flashcard-black-and-white

Cara Bermain:

1. Baringkan bayi di kasur atau tempat yang nyaman. Biarkan bayi pada posisi telentang
2. Perlihatkan kartu secara bergantian. Pertama kartu dengan tulisan angka atau huruf bertinta hitam lalu putih, lakukan berulang kali pada jarak sekitar 20-25 cm dari pandangan bayi.
3. Gerakkan falshcard ke kanan dan ke kiri perlahan. Perhatikan apakah pandangan bayi mengikuti gerakan flashcard tersebut.
4. Bila respon bayi kurang, beri waktu memperlihatkan flashcard lebih lama.
5. Setiap kali mengganti flashcard sebutkan warna tintanya. Biarkan anak mengetahui kata hitam-putih sambil menyesuaikan dengan apa yang dilihatnya.

Tidak sulitkan untuk melatih kemampuan penglihatan bayi. Lakukan setiap pagi setelah memandikan bayi secara rutin. Permainan ini juga bagus untuk melatih perkembangan otak bayi.

This post has already been read 782 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>