Perhatikan Perkembangan Bayi Usia O-6 Bulan

Bagi Ibu yang baru melahirkan, mengamati perkembangan bayi setelah proses persalinan merupakan hal yang penting sekaligus menyenangkan. Segala macam bentuk perkembangan bayi seperti kemampuan motorik (gerak tubuh), perseptual, dan kognitif akan berkembang secara bertahap sejalan dengan usia Si Kecil selalu saja mencuri perhatian sang Ibu.

Perhatikan perkembangan bayi 0-6 bulan, ini merupakan masa penting pada tahap awal perkembangan tubuhnya. Bentuk perkembangan bayi 0-6 bulan seperti:

Perkembangan bayi usia 0-1 bulan

Secara fisik bayi yang baru lahir masih terpengaruh dengan keadaannya sewaktu di dalam rahim. Kaki dan tangan akan dalam keadaan menekuk, namun seiring bertambahnya usia kedua kaki dan tangan akan lurus dengan sendirinya. Pandangan bayi saat sebulan pertama masih buram dan hanya bisa melihat objek yang berjarak 8-15 inchi.

Ketika bayi menginjak usia 3 minggu sudah mulai mengenali suara ibu. Cara merawat bayi usia sebulan yang tepat adalah dengan sering member cium, sentuhan, dekapan atau menggendong, dan meijat bayi. Cara merawat bayi seperti ini bisa membuatnya merasa nyaman dan senang.

Perkembangan bayi usia 1-2 bulan

bayi-mulai-bisa-melihat

Source image: damselsinamess

Bayi pada usia ini penglihatannya lebih fokus dan bisa merespon beragam bunyi-bunyian. Bayi juga sudah mulai bisa mengekspresikan perasaannya dan tersenyum jika diajak berbicara. Bayi mulai bisa belajar tentang apa yang dilihat dan didengar.

Perkembangan bayi usia 2- 3 bulan

Pada usia ini otot-otot tubuh bayi semakin kuat dan keterampilannya pun bertambah. Si kecil mulai mampu mengontrol gerakan otot-otot tubuhnya seperti mengangkat kepala dan menopang lehernya selama beberapa saat ketika dalam posisi tengkurap. Bayi mulai mampu mengeluarkan suara, saat Ia mendengar suara ibu maka bayi akan merespon dengan membuat jawaban suaranya sendiri.

Perkembangan bayi usia 3-4 bulan

Bayi sudah bisa menegakkan kepala dan menggunakan tangannya sendiri untuk menopang. Ia juga mulai belajar menggerakkan otot kedua tangan dan kakinya sekaligus mampu meraih benda dan menggenggam mainan yang diberikan. Bayi dapat bergumam dan dimulai dari huruf p, b, dan m untuk diucapkan. Ibu sebaiknya mengawasi bayi saat bermain karena cenderung memasukkan semua benda yang bisa dijangkau kemudian memasukkannya ke dalam mulut.

Perkembangan bayi usia 4-5 bulan

Bayi mulai mampu bersuara dan merespon lingkungan sekitarnya dengan suara barunya saat berceloteh secara spontan. Bayi juga akan mengamati dan mengenali bentuk dan ukuran benda yang dipegangnya. Ibu bisa memberikan mainan dengan berbagi warna untuk mulai memperkenalkan jenis warna.

Perkembangan bayi usia 5-6 bulan

Bagian lengan, tubuh bagian atas, dan leher bayi akan semakin kuat, dan sebentar lagi Si Kecil akan dapat duduk tanpa bantuan. Kontrol terhadap tangan semakin membaik dan bayi dapat menahan untuk merangkak dan menggulingkan tubuhnya ke kanan dan kiri.

Berdasarkan catatan perkembangan bayi di atas, mungkin ibu jadi bisa lebih mengetahui resiko penyakit apa yang bisa menghampiri si kecil pada masing-masing fase tersebut. Maka itu sangat penting untuk mengetahui perkembangan bayi dari hari ke hari.

Source: prenagen.com

This post has already been read 4196 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>