Cara Tradisional Mengatasi Anak Kembung

Banyak cara yang dilakukan untuk mengatasi anak kembung. Biasanya anak yang merasakan perut kembung akan rewel di malam hari. Susah tidur nyenyak dan serba salah sehingga menangis semalaman. Ini bisa mengganggu tidur ibu, alhasil ibu jadi mudah lelah dan emosi.

Cara mengatasi anak kembung

Dulu waktu anak pertama saya suka pakai bawang merah, tapi baunya mengganggu sekali. Bau getah dari bawah merah juga menempel di kain dan baju bayi, saya khawatir jika terkena mata akan perih dan malah berbahaya.

Cara tradisional lainnya untuk mengatasi anak kembung, biasanya saya pakai daun jarak yang di garang kemudian saya pakaikan minyak telon dan saya tempelkan diperut anak. Di bagian pusat (puser) saya tempelkan kain kecil. Atau anak tidur tengkurap bila itu membuatnya lebih nyaman.

Biasanya jika sudah dipakaikan ini, kalau masuk angin si kecil akan buang air cair sekali. Setelah itu saya gantikan pakaian dan saya balur lagi menggunakan minyak telon. Barulah si kecil bisa tidur nyenyak hingga pagi hari.

Hindari penggunaan kipas angin secara langsung. Bila kamar tidur menggunakan AC sebaiknya suhu tidak terlalu dingin. Pakaikan selimut dan guling untuk menutupi perut dan punggungnya. Cara di atas sangat cukup untuk diterapkan dalam mengatasi anak kembung dan rewel.

This post has already been read 731 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>