Cara Mudah Kenalkan Makanan Padat Pada Bayi

19. Cara Mudah Kenalkan Makanan Padat Pada Bayi

Asi memang memiliki banyak manfaat dan sangat penting untuk bayi. Namun, selain memberikan asi selama 2 tahun, Anda juga bisa mulai berikan makanan padat di usia 6 bulan.

Jika terlambat memperkenalkan makanan padat pada bayi bisa menyebabkan pertumbuhan sang buah hati terganggu, karena asi tidak dapat memenuhi kebutuhan gizi untuk pertumbuhan bayi, yang menyebabkan kekurangan zat besi, protein, dan nutrisi lainnya.

Berikut beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan seperti yang dilansir boldsky.com.

  • Anda bisa mulai berikan makanan padat pada bayi saat berusia 6 bulan. Ketika sudah 6 bulan kebutuhan akan nutrisi terus meningkat, oleh sebab itu Anda dapat memberikan makanan padat yang bergizi.
  • Perhatikan tingkah bayi untuk mengetahui ia siap menyantap makanan padat. Biasanya hal tersebut dapat terlihat ketika bayi Anda mulai bisa duduk tanpa dukungan, menjangkau makanan sendiri, mengambil sendok di dalam mulut, dan membuka mulut saat ditawarkan makanan.
  • Ketika sang buah hati menggeleng-gelengkan kepala, menutup mulutnya, atau bahkan nangis, jangan paksakan. Berilah asi kembali. Jangan pernah paksakan mereka, Anda bisa mencobanya esok hari, mereka akan belajar menerima makanan padat.
  • Anda bisa buat sendiri makanan padat pada bayi di rumah. Seperti beras yang dihaluskan bersama sayuran dan tambah sedikit sup.

Jika buah hati Anda belum bisa mencerna makanan padat di usia 6 bulan, jangan paksakan. Anda masih bisa berikan asi. Memberikan makanan padat terlalu dinipun memiliki dampak kurang baik jika Anda benar-benar tidak memberikan asi lagi. Semoga bermanfaat buat Anda para ibu muda.

19. Cara Mudah Kenalkan Makanan Padat Pada Bayi2

This post has already been read 553 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>