Cara Merawat Bayi dan Membersihkan Tubuhnya

Pada dasarnya tubuh bayi dan tubuh orang dewasa memiliki bagian yang sama, hanya cara merawat dan membersihkannya saja yang berbeda. Bayi memiliki banyak keterbatasan, oleh karena itu ia memerlukan bantuan kita. Apa saja yang perlu di bersihkan? Berikut ini cara merawat bayi dan cara membersihkan tubuhnya:

1. Membersihkan mata
Bersihkan tubuh bayi yang pertama adalah membersihkan mata bayi dengan kapas gulung yang sudah dicelupkan ke dalam air hangat. Gerakkan kapas dari arah dalam ke ujung luar. Namun gunakan kapas yang berbeda untuk setiap mata.

2. Membersihkan telinga
Basahi cotton bud dengan baby oil terlebih dahulu. Usapkan pada daun telinga bagian depan dan belakang. Lalu keringkan dengan lembut. Merawat bayi memang penuh ketelitian, kadang sekilas kuping bayi tidak terlihat kotor, tapi tetap harus diperiksa bagian dalamnya.

3. Membersihkan gigi dan gusi
Gunakan kain atau kasa steril basah untuk membersihkannya setiap hari, meskipun bayi belum memiliki gigi. Kasa steril yang sudah di basahi tidak langsung di gosokkan ke dalam mulut tapi diperas dan ingat, penting untuk cuci tangan sebelum merawat bayi.

4. Membersihkan hidung
Celupkan cotton bud ke dalam air hangat. Putar dengan lembut hidung bayi, tapi jangan terlalu masuk ke dalam.

5. Membersihkan alat kelamin bayi

Bayi laki-laki: bersihkan alat kelaminnya dan sekitarnya dengan kapas basah sampai bagian anus. Bersihkan mulai dari bawah hingga atas alat kelamin dengan menariknya secara perlahan-lahan. Dan lakukan satu arah.

Bayi perempuan: bersihkan daerah lipatan di sekitar alat kelamin dan pangkal paha dengan kapas basah. Lakukan dari daerah tersebut sampai ke arah anus.
cara-merawat-dan-membersihkan-tubuh-bayi
Selalu keringkan setelah membersihkan bagian ini. Pastikan anak merasa nyaman dan tenang. Ibu juga perlu mengetahui, tips perawatan bayi 0-6 bulan yang benar agar si baby aman. Lakukan perawatan di tempat yang nyaman untuk bayi. Dengan menciptakan suasana nyaman bayi tidak akan ketakutan dan menangis selama tubuhnya dibersihkan.

This post has already been read 1958 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>