Cara Memandikan Bayi yang Aman

Merawat bayi adalah hal yang susah-susah gampang. Kadang kita sudah tau caranya dan tau mana yang baik menurut kita tapi dalam pelaksanaannya kadang ada yang terasa sulit. Tapi selama kita melakukan dengan penuh cinta ini tidak akan jadi masalah. Lalu, bagaimana dengan memandikan bayi bagi ibu yang baru melahirkan dan belum pernah ada pengalaman. Apakah ibu tahu cara memandikan bayi yang aman?

Cara memandikan bayi yang aman

1. Pertama-tama bentangkan perlak atau kain tatakan bayi. Letakkan baju dan celana bayi di atasnya. Siapkan juga perlengkapan lain seperti minyak telon, bedak, cream bayi dan popok bayi dalam keadaan terbuka.

2. Siapkan air hangat di dalam bak mandi bayi. Pastikan suhunya tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin, saya biasa menyelupkan siku ke dalam air untuk mengetahui perkiraan suhunya. Supaya aman untuk kulit bayi.

3. Letakkan handuk di samping bak dengan keadaan terbentang.

4. Kalau semua sudah siap, buka pakaian bayi. Saya terbiasa mengusap perutnya, kakinya dan bahunya supaya bayi merasakan suhu tangan saya sebelum tubuh mungilnya saya angkat.

5. Bawa bayi ke dekat bak mandinya, pangku dan cuci mukanya terlebih dulu. Pertama usap matanya untuk hilangkan kotoran disekitar mata, usap hidungnya supaya bersih dan usap pipinya supaya kotoran bekas susu atau ASI bisa hilang.

6. Basuk kepalanya, wajah, lipatan leher, dada, lengan, ketiak, punggung dan bokongnya.

7. Sabuni kepala dan badannya menggunakan washlap. Keramas rambutnya menggunakan sampoo bayi yang aman dan tidak perih di mata.

8. Usap sekali lagi tubuhnya dengan washlap supaya sabunnya berkurang di badan lalu masukan ke dalam bak mandi. Bersihkan samponya dan sabun, perhatikan setiap lipatan tubuhnya.

9. Setelah itu balikan tubuh bayi (untuk bayi di atas 1 bulan) nanti bayi akan menggerakkan kakinya di dalam air. Pegang lengan (ketiak) kemudian topang bahu dan pundaknya dengan tangan ibu. Bersihkan bagian belakang bayinya.

10. Angkat dan selimuti dengan handuk. Setelah tubuhnya kering letakkan di atas perlak yang sudah ada bajunya tadi. Pakaikan perlengkapannya hingga selesai.

Perhatikan jika bayi terlihat kedinginan segeralah menyudahi waktu mandi, tapi tetap harus bersih hingga diseluruh bagian. Sabun yang tersisa di kulit bisa menyebabkan ruam atau berjamur.

Jangan lupa membersihkan telinga bayi. Bersihkan juga alat kelaminnya dengan perlahan. Selamat memandikan bayi dengan benar ya bu :)

Baca Juga:

Ini yang Perlu diperhatikan Bagi Ibu Hamil yang Ingin Senam

Waktu Tidur Bayi Yang Tepat Sesuai Umurnya

Penyebab Bayi BAB Berlendir?

This post has already been read 808 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>