Cara Memandikan Bayi 0-6 Bulan

Ibu, memiliki bayi terkadang mebuat sebagian orang tua merasa serba ketakutan. Seperti memandikan, tentu lebih ngeri memandikan bayi dibandingkan anak balita. Kadang karena cuaca dingin di pagi hari kita juga ketakutan dan jadi enggan memandikan bayi.

Bayi harus dimandikan setiap hari supaya kebersihan kulit dan tubuhnya terjaga. Dan juga agar terhindar dari infeksi bakteri dan jamur yang dapat menyebabkan iritasi kulit.

Cara memandikan bayi yang perlu diperhatikan:

1. Menyiapkan perlatan sebelum mandi (seperti sabun, sampo dan lain-lain) dan sesudah mandi (seperti handuk, pakaian, bedak dan sebagainya) sang bayi.

2. Suhu air hangat yang dipakai untuk memandikan bayi sebaiknya sekitar 29.5 C, dengan ketinggian air antara 5-8 cm.

3. Untuk lebih baiknya memandikan bayi dilakukan di dalam ruangan yang tidak dingin dan tidak berangin.

4. Saat memandikan bayi pastikan kepala dan wajah bayi berada di atas permukaan air.

sleep.indd

5. Saat memandikan bayi jangan pernah meninggalkan bayi sendirian di dalam bak mandinya.

6. Sediakan mainan seperti bebek-bebek plastik agar membuat bayi merasa senang. Perhatikan mainan tersebut tidak memiliki sisi yang tajam untuk keamanan kulit bayi.

7. Sesudah memandikan bayi, gunakanlah handuk yang lembut untuk mengusap tubuh dan rambut bayi hingga benar-benar kering. Lakukan pengeringan tersebut dengan perlahan.

8. Lalu, berikanlah minyak telon ke tubuh bayi agar dia merasa hangat dan nyaman kembali.

Ibu perlu mengetahui tips perawatan bayi 0-6 bulan yang benar agar bayi aman.

This post has already been read 3254 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>